Pj Bupati Minta Kades Tingkatkan Pelayanan Masyarakat dan Kawal Penyelenggaraan Pilkada Meranti

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Edy Kusdarwanto dalam rapat koordinasi bersama Camat, Kades dan Lurah di Aula Kantor Bupati, Rabu (12/08/2015).

Selatpanjang, OKETIMES.COM - Kepala Desa dan Lurah sebagai ujung tombak pemerintahan diminta melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Khususnya dalam melayani masyarakat, mengatur dan mengelola keuangan desa serta mengawal penyelenggaraan Pilkada serentak aman dan damai, pernyataan itu disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Edy Kusdarwanto dalam rapat koordinasi bersama Camat, Kades dan Lurah di Aula Kantor Bupati, Rabu (12/08/2015).

Turut mendampingi Pj. Bupati, Sedakab Kepulauan Meranti Drs H Iqaruddin, M.Si, Kabag Tata Pemerintahan Drs. Yulizar, serta dihadiri Kabag Humas, Kabag Umum, Camat, Kades, Lurah Se-Kabupaten Meranti.

Dijelaskan H. Edy Kusdarwanto, tugas Kepala Desa dan Lurah sangat strategis karena segala urusan pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat berada ditingkat Desa, tugas Kades selain mengkondisikan masyarakat sebagai objek pembangunan tetapi juga menjadikan masyarakat sebagai subjek atau pelaku pembangunan itu sendiri.

" Urusan pemerintahan yang nyata berada ditingkat Desa, karena, ketika berbicara masalah kemiskinan dan pendidikan tidak hanya soal angka-angka tetapi langsung menyentuh subjek dan objek (manusianya), berbeda dengan Kepala Daerah yang dimejanya hanya ada angka-angka," jelasnya.

Oleh karena itu agar pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemda Meranti berjalan sesuai yang diharapkan, dengan semakin kompleksnya peran Kades dan Lurah sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten diharapkan memiliki semangat yang tinggi dalam melayani masyarakat, pengelolaan keuangan Desa yang bisa dipertanggung jawabkan, dan yang tak kalah penting mengawal pelaksanaan Pilkada dengan aman dan damai.

" Kades jangan sia-siakan amanat dan kepercayaan masyarakat, kemuliaan hanya akan terwujud ketika Kades melaksanakan tugas dan fungsinya dengan sepenuh hati," pesan Pj Bupati.

Besarnya alokasi dana Desa yang dikelola oleh Kades dan Lurah mulai dari bantuan APBN, APBD Provinsi serta Kabupaten Meranti yang kini melalui Program Meranti Mandiri diharapkan dapat dikelola dengan baik sesuai aturan. " Kepada Kades Dana Desa harus dikelola dengan sebaik-baiknya, jika menyangkut uang rakyat serupiahpun harus dipertanggung jawabkan," ujar Pj Bupati.

Pj. Bupati yang juga pernah menjadi Lurah diawal karirnya juga berpesan sebagai Kades yang diberikan kewenangan jangan sampai bertindak sewenang-wenang kepada masyarakat tetapi mengerti apa yang diinginkan masyarakat. " Kades sebagai Pamong hendaknya memberikan contoh dan keteladanan jangan sewenang-wenang memerintah, berfikirlah sebanyak manusia yang dipimpin," ujarnya.

Sementara menyangkut Pilkada Pj. Bupati mengingatkan Camat, Kades dan Lurah sebagai ujung tombak Pilkada, jangan terbawa eforia politik yang kadang secara tidak sadar terseret dalam kehidupan masyarakat yang liberal tak sesuai dengan kehidupan masyarakat Melayu yang identik dengan kesantunan. " Ciptakan Pilkada yang damai jangan terseret eforia politik," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Sekda. Iqaruddin menegaskan kepada Kades dan Lurah melaksanakan tugas pokok dan strategisnya dengan baik mulai dari penyaluran Raskin tepat waktu, memastikan anggaran desa sampai kemasyarakat serta melayani masyarakat dengan baik, selain itu mengingatkan kepada Kades jangan ada lagi yang mengeluarkan SKT.

" Kades harus disiplin menjalankan tugas, salurkan Raskin tepat waktu, kelola anggaran Desa dengan baik dan tingkatkan pelayanan masyarakat, jangan sering-sering meninggalkan Desa," ujar Sekda.

Yang perlu juga dikawal menurut Sekda. Soal DPT warga Desa, Iqaruddin meminta Camat, Kades dan Lurah dapat mengawal dan memastikan semua masyarakat yang sudah memiliki hak pilih sesuai undang-undang, terdaftar dalam DPT dan bisa melaksanakan hak politiknya. " Tolong pastikan semua yang telah memiliki hak pilih bisa melaksanakan hak pilih," ujar Sekda Iqaruddin. (rls/hms)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :