Prospek Baru Ikan Patin Kampar

BANGKINANG, oketimes.com- Sebentar lagi peternak ikan patin (pangasius pangasius) di Kabupaten Kampar bakal punya objekan baru. Khususnya bagi mereka yang bergerak di usaha ikan salai patin. Sebab minyak yang dihasilkan poleh Iran berates Inc bernilai ekonomi yang cukup tinggi lantaran mengandung Omega 3.
 
Dua hari lalu Balai Penelitian ikan Kementerian Perikanan dan Kelautan RI yang sudah meneliti ikan patin Kampar itu, Hasilnya positif. Minyak ikan patin kita mengandung Omega 3 yang bagus. Uniknya, disimpan di suhu kamar minyak itu tak membeku,” ujar Kadis Perikanan Kabupaten Kampar Usman Amin  Kamis jelang maghrib.
 
Lantaran hasil itu pula kata Usman, dalam waktu dekat tiga profesor akan datang ke Kampar untuk melakukan penelitian mendalam soal minyak ikan patin itu. “Jangan dijual murahlah ikan patinnya,” begitu pesan orang balai penelitian tadi kepada Usman.

Di pasaran terang Usman, minyak ikan patin bisa laku Rp 11 ribu per liter. Itu harga minyak yang belum dihitung kualitasnya. Sementara modal untuk menghasilkan minyak ini cuma sekitar Rp 6 ribu.

“Kalau berdasarkan kualitas tentu akan lebih mahal lagi. Malaysia bersedia membeli minyak ikan patin kita hingga 4 ton per hari,” ungkapnya.

Jika penelitian minyak ikan patin ini kelak tuntas kata Usman, Kampar akan bisa menghasilkan minyak ikan patin yang cukup banyak.

“Sebab saat ini saja kita punya produksi patin sekitar 120 ton per hari. Kalau minyak ikan bisa kita maksimalkan, tentu hasil dari bisnis ikan patin akan semakin besar,” tukasnya. (ha)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait