Kasum TNI Ikuti Penutupan Konferensi Indo-Pacific Chiefs of Defense 2020

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto didampingi Kepala Pusat Kerjasama Internasional (Kapuskersin) TNI Laksamana Pertama Didik Kurniawan mengikuti kegiatan Indo-Pacific Chiefs of Defense (CHOD) Conference 2020 pada hari kedua sekaligus penutupan secara virtual dari Ruang Oerip Soemohardjo Akmil Magelang, Rabu (26/8/2020).

Magelang, Oketimes.com - Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto didampingi Kepala Pusat Kerja Sama Internasional (Kapuskersin) TNI Laksamana Pertama Didik Kurniawan mengikuti kegiatan Indo-Pacific Chiefs of Defense (CHOD) Conference 2020 pada hari kedua sekaligus penutupan secara virtual dari Ruang Oerip Soemohardjo Akmil Magelang, Rabu (26/8/2020).

Pada pelaksanaan hari kedua ini, beberapa pembicara kunci diantaranya General Mark A. Milley, US Joint Chiefs of Staff menyampaikan tentang pentingnya kawasan Indo-Pasifik bagi Amerika Serikat (AS) dan keinginan AS untuk senantiasa ikut menjaga perdamaian serta stabilitas kawasan dan dunia.

Selanjutnya mantan Perdana Menteri Kanada, Mr. Stephen Joseph Harper, PC, MP, MA membahas topik "Role of Multilateralism in Advancing a Free and Open Indo-Pacific", yaitu tentang komitmen dalam menciptakan perdamaian di Indo-Pasifik, pemulihan bersama terhadap ekonomi yang terganggu akibat pandemi COVID-19, serta himbauan kepada negara - negara besar dunia seperti AS, China dan Uni Eropa untuk dapat menjadi pemrakarsa dan pemimpin bagi terciptanya perdamaian dan kerja sama negara-negara lain di dunia.

Sedangkan materi terakhir disampaikan oleh US Secretary fo Defense, Mr. Mark Thomas Esper, menjelaskan tentang dukungan AS terhadap konsep Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, konsep peningkatan dan optimalisasi Angkatan Bersenjata AS dimasa yang akan datang, bentuk kerja sama dan kesepakatan dengan negara-negara sahabat di kawasan serta keprihatinan AS terhadap aktifitas yang dilakukan China yang dianggap berpotensi mengganggu stabilitas kawasan Indo-Pasifik dan dunia pada umumnya.

Konferensi virtual hari ini berlangsung lancar dan diakhiri dengan penyataan penutup oleh Commander of Republic of Fiji Military Forces RADM Naupoto dan Commander USINDOPACOM Admiral Philips. S. Davidson.***


Autentikasi: Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut (KH) H. Agus Cahyono


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait