Gubri Inginkan Inspektorat dan APIP Lebih Smart

Foto inset :Pelantikan Kepala Inspektorat Riau Sigit Juli Hendrawan dan kantor Inspektorat Riau di Jalan Cut Nyakdhien Pekanbaru.

Pekanbaru, Oketimes.com - Gubernur Riau H Syamsuar menginginkan peran Inspektorat dan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) di Provinsi Riau harus diperkuat lagi kedepannya.

Hal itu dilakukan guna mengawal kegiatan pelaksanaan pemerintah serta mengantisipasi adanya temuan-temuan di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, jika terjadi kesalahan atau temuan yang tidak sesuai, maka APIP bisa memberitahu ke pihak terkait terlebih dahulu.

"Jadi nanti diceknya, kalau ini salah, itu salah bisa langsung diperbaiki," kata Gubri Syamsuar saat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Inspektorat Riau yang baru di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Rabu (08/07/2020).

Gubri menyebutkan sebelum melantik Kepala Inspektorat Riau yang baru itu, dirinya sempat bertemu dan menyampaikan harapan-harapan terhadap peningkatan kinerja Inspektorat dan APIP yang telah disahkan oleh Presiden RI.

Terkait tindak lanjut dari temuan lanjut Gubri, ia berencana akan membuatkan sebuah aplikasi yang bisa dimonitoring langsung oleh Gubernur Riau, Wakil Gubernur Riau, serta Sekretaris Daerah Riau.

"Saya berharap tentunya dari semua pimpinan OPD, harus membantu dan mendukung, agar tugas inspektorat dapat berjalan dengan baik," pinta Gubri.

Mantan Kepala Inspektorat Riau itu, juga menjelakan jika peran dan fungsi pengawasan dapat berjalan baik, maka kinerja pemerintah juga akan baik dan para pejabat bisa bekerja dengan nyaman.

Jika misalnya ada laporan keliru sambung Gubri, Inspektorat Riau akan langsung ke tempat bersangkutan menilai pekerjaan yang keliru atau yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan nantinya akan diberikan petunjuk bagaimana sebaiknya.

"Harapan saya jika nanti ada pengawasan, tak perlu risau apa yang dilakukan oleh Inspektorat, kalau memang ada yang keliru, nanti diberikan masukan," pungkas Gubri meyakinkan.***


Reporter : Jhonari


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait