Karisma Lurah Pertama Ujung Batu Melekat ke IG, Nasionalis dan Dermawan

H indra Gunawan yang juga pembina Masjid Syuhada tidak pernah hitung-hitungan mengucurkan bantuan. Siapa saja yang datang asalkan dengar untuk keperluan masjid, fasilitas umum pasti dibantu.

Ujungbatu, Oketimes.com - Jika dirunut di masa kerajaan dulu di Ujung Batu, diketahui sebagai tanah belobih (berlebih), dimana dalam catatannya memiliki histori panjang perjalan Kecamatan Ujung Batu, masih bergabung dengan Kabupaten Kampar dan dikenal dengan Kecamatan Tandun.

Tak ayal Kecamatan Ujung Batu semakin tahun sangat pesat pertumbuhan penduduk, menjadikan kota menjadi Heterogen, karena disini berbagai suku di Indonesia ada.

Tapi, jika dilihat kebelakang sekitaran tahun 80 an, pertumbuhan pendudukan di Ujung Batu, tidak lah seperti sekarang tanpa ada polesan dari sang Inisiator yakni Lurah Pertama Ujung Batu, Alm H Marwan.

Kedekatannya dengan para tokoh berbagai suku, membuka lebar masyarakat luar Provinsi Riau untuk menetap di Ujung Batu. Apalagi jika dilihat dari siklus pertumbuhan penduduk di Kecamatan Ujung Batu ini sangat unik dan menarik.

Dimana, lokasi permukiman seperti tertata dengan sangat apik. Misalnya saja, untuk suku Batak mayoritas berdomisi di Gang Horas, Suku Jawa ada di Dusun Tungku Rejo, Mandailing ada di Sukamaju, sedangkan Pribumi sekitaran Simpang Panix dan banyak suku-suku lainnya yang tempat berdomisili tertata dengan baik.

Ini tidak terlepas di masa kepemimpinan Lurah H Marwan, seluruh urusan terkait surat-menyurat tanah maupun identitas kependudukan sangat mudah, bukan saja terhadap tempatan begitu juga buat para pendatang, semua dilayani dengan baik.

Menurut salah seorang warga Dusun Tengku Rejo yang kini sudah berubah nama dengan Dusun Bukit Tungku, H Margono menyebutkan bahwa Lurah H Marwan semasa hidupnya memiliki toleransi yang sangat tinggi khususnya buat para pendatang.

Dia mengkisahkan, sewaktu dia pertama masuk ke Ujung Batu sekitar tahun 1987 ia bersama keluarganya sudah menetap di Dusun Tengku Rejo yang pada waktu itu masih masuk Kelurahan Ujung Batu.

"Kalau sama pak Lurah H Marwan ini enak berurusan kartu tanda penduduk (KTP) walau kami baru disini, tapi dilayani dengan sepenuh hati. Sangat Nasionalis lah orangnya Alm Pak H Marwan," jelas Margono seraya berdo'a semoga amal kebaikan Alm H Marwan menjadi ladang pahala di hadapan Allah SWT.

Bukan saja dikenal Nasionalis, Alm H Marwan juga sangat dermawan. Margono menambahkan Masjid Al Ikhlas di dusun tempat ia tinggal, berdiri berkat bantuan dari Lurah Alm H Marwan.

"Kalau diingat banyak jasa Alm H Marwan kepada para pendatang, boleh tanya orang-orang lama dari suku batak, minang, dan lainnya," ujar Margono.

Margono mengutarakan, mengenang pribadi Alm H Marwan dengan kepemimpinnya yang Agamis, Nasionalis dan Dermawan melekat pada diri anaknya yaitu H Indra Gunawan (IG).

Walau belum pernah menduduki satu pun jabatan publik, sosok Indra Gunawan yang akrab dikenal dengan Ujang Lurah ini sudah banyak berbuat untuk masyarakat.

"Kami mengenal pak Indra Gunawan mengingatkan kembali dengan H Marwan. Karisma pak Lurah melekat pada diri pak Indra Gunawan. Baik itu cara memberlakukan masyarakat, dia tidak pernah pandang suku, ras dan agama. Kalau bisa dibantu, pasti ia bantu.

Begitu juga dengan fasilitas umum dan tempat ibadah, H indra Gunawan yang juga pembina Masjid Syuhada ini tidak pernah hitung-hitungan mengucurkan bantuan. Siapa saja yang datang asalkan dengar untuk keperluan masjid, fasilitas umum pasti dibantu.

Untuk itu, dia membuka diri dan mengajak seluruh perantau yang sudah merasakan tangan dingin Alm H Marwan semasa menjabat Lurah Ujung Batu. Agar ikut membantu dan ikut berjuang memenangkan H Indra Gunawan yang saat ini mencalon sebagai Wakil Bupati Rokan Hulu berpasangan dengan Bupati Petahana H Sukiman (SKAWAN) pasa Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Sesuai dengan Tagline 'KITA ROHUL', H Indra Gunawan terpanggil untuk membangun Rokan Hulu untuk Periode 2021-2026 agar lebih baik, dan dirasakan seluruh lapisan.

"Tagline sangat bagus 'KITA ROHUL' ini menggambarkan bahwa Rohul ini harus bersatu dengan keberagaman dan perbedaan untuk satu tujuan membangun Rohul Negeri Seribu Suluk yang terbaik di Provinsi Riau," harap Margono semoga dipermudah Allah SWT perjuangan pasangan H Sukiman-H Indra Gunawan (SKAWAN) yang diusung dan didukung 5 partai koalisi (Partai Gerindra, PDI-P, Demokrat, PKS, dan Hanura).***

 

Reporter   : Faisal

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait