Kapolres Rohil Perintahkan Satpolair Tangkap LT Penadah Kayu Ilog

BAGANSIAPIAPI, oketimes.com– Sesuai janjinya menindak tegas pelaku dan penadah kayu Ilog, Kapolres Rohil, AKBP Tonny Hermawan S.Sik perintahkan Sat Polairud agar menindak semua mobilisasi ilog di wilayah hukum Rohil, ini dikarenakan adanya indikasi kerjasama antara salah satu pengusaha berinisial LT alias Aan dengan aparat hukum.

"Saya sudah perintahkan kepada Sat Polairud agar menindak semua mobilisasi ilog diwilayah Rohil, ini dikarenakan adanya indikasi kerjasama antara salah satu pengusaha berinisial LT dengan aparat hukum," kata Kapolres saat dikonfirmasi wartawan, baru-baru ini.

Dia ini (LT alias Aan-red) lanjut Kapolres terlalu leluasa membawa kayu yang kita curigai tanpa dokumen yang sah. Kalau ditemukan tangkap saja, kata Kapolres Rohil.

Kapolres menambahkan, ketika mobilisasi kayu ilog itu kita tangkap, maka akan terkuak dan diketahui nantinya siapa pengusaha kayu ilog sebenarnya, sesuai janji, kali ini pihak Kapolres tidak main -main dalam penindakan kasus ilegalloging.

Praktek ilegal loging yang senantiasa marak di wilayah di Kabupaten Rokan Hilir, terlihat jelas dari banyaknya aktivitas buruh Gerobak yang mengangkut berbagai jenis kayu ke salah satu pemesan (penampungan kayu ilog). Diduga kayu-kayu tersebut tidak memiliki dokumen yang sah.

Salah seorang warga usaha satu, kecamatan Bangko, AK, mengungkapkan bahwa selama ini para cukong kayu tersebut memberikan modal usaha kepada pekerjanya di lapangan guna mengambil kayu di hutan.

Selanjutnya terang AK, bila kayu sudah siap diangkut akan dilansir menggunakan jasa gerobak di waktu malam hingga dinihari. Tak sampai disitu, kayu ilog yang diduga tanpa dokumen yang sah juga  diangkut melalui jalur laut yakni  dengan menggunakan kapal.

"Pokoknya kayu milik dia (LT alias Aan) lancarlah bahkan hampir setiap malam puluhan gerobak bermuatan kayu Ilog melintas didepan rumah kami, setahu kita, pemesan yang paling banyak itu ya tempat LT alias Aan," ungkapnya.

Pantauan Riau Editor selama beberapa hari ini, gudang penampungan milik LT alias Aan yang berlokasi di jalan usaha satu terus dibanjiri kayu ilog, ratusan tual kayu dari berbagai jenis bertumpuk dan memenuhi gudang miliknya, sayangnya saat di datangi wartawan pemilik yang bernama LT alias Aan sedang tidak ditempat, dikonfirmasi melalui telepon genggamnya tidak dijawab.(hen)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :