Pemkab Rohil Prioritaskan Program RLH yang Tepat Sasaran

Bupati Rokan Hilir, H.Suyatno bersama dengan Muspida belum lama ini.

BAGANSIAPIAPI, oketimes.com- Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tetap memprioritaskan program pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) dengan sasaran kepada warga tidak mampu (miskin). Hal itu dibuktikan dengan adanya pembangunan RLH berkelanjutan setiap tahunnya, walau kadang tidak tepat sasaran.

Penegasan ini disampaikan Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp saat dimintai tanggapannya menyangkut program RLH, Selasa (30/9) di Bagansiapiapi.

"Untuk RLH tetap kita programkan untuk warga yang benar-benar miskin sehingga layak dibantu, program ini sifatnya berkelanjutan dan untuk tahun ini telah disetujui baik oleh pemerintah maupun DPRD kabupaten," kata Suyatno.

Dia menambahkan agar pembangunan RLH benar-benar berjalan, SKPD terkait harus mengawasi kegiatan pembangunan RLH sesuai dengan spek yang sudah ditetapkan, anggarannya tidak disalah gunakan oleh Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) yang diserahkan pembangunan RLH. Tak kalah pentingnya agar proyek pembangunan RLH tidak ada yang terhenti ditengah jalan.

Program RLH menurut bupati diharapkan sebagai upaya pemerintah daerah untuk bisa mengentaskan kemiskinan dengan harapan apabila warga miskin sudah memiliki rumah yang layak huni maka warga yang bersangkutan dapat menjalankan aktifitas perekonomian atau bekerja di berbagai sektor seperti perkebunan, pertanian, perikanan dan lain-lain.

"Program RLH ini masih sangat tepat bila diteruskan oleh pemerintah daerah, di sisi lain memang kita prihatin masih banyak rumah warga yang kondisinya tidak layak dan perlu diperbaiki," tegas Suyatno.

Dia menekankan agar program pembangunan RLH dapat digesa mengingat waktu pengunaan APBD 2014 hanya tinggal beberapa bulan lagi.

"Realisasi kegiatannya harus dipercepat, ini tinggal tiga bulan saja lagi," ujarnya mengingatkan. Bupati optimistis penyerapan APBD Rohil bisa tercapai dengan baik dengan perkiraan diatas 75 persen.(Hen)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :