Kwarcab 0412 Meranti Gelar KMD Tingkat Dasar Bagi Guru

SELATPANJANG, oketimes.com– Kwarcab Pramuka 0412 Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) untuk para guru-guru se Kabupaten Kepulauan Meranti. KMD diselenggarakan dari tanggal 26 September sampai 2 Oktober 2014, yang disampaikan Kepala Kwarcab Pramuka 0412 Kabupaten Kepulauan Meranti, H Masrul Kasmy, melalui Waka Bina Wasa H.Selamat S.Pd kepada Riau Editor, senin (29/9).
 
"Kegiatan ini sengaja kita gelar dari guru-guru yang ada se Kepulauan Meranti, dan Tim Pelatih dari Pusdiklatnas, dan Pusdiklat juga Pusdiklatcab Meranti Sendiri untuk membina dan memberikan ilmu untuk dikembangkan ke peserta," ucap Selamat.
 
Disebutkan Selamat, peranan keluarga pelaku pendidik informal yang dilakukan orang tua dalam membentuk karakter anak-anak sangatlah penting. Sementara persoalan kaum muda sering terjadi di antara rumah dan sekolah sehingga Gerakan Pramuka mempunyai peranan penting dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di kalangan kaum muda.

"Kerja sama sinergis antara lembaga pendidikan formal, non formal, dan pendidikan informal dalam keluarga sangat penting dan menjadi suatu keharusan. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengikuti kegiatan kepramukaan diantaranya memupuk rasa kemanusiaan, nilai-nilai kejuangan, wawasan kebangsaan, rasa solidaritas, mengasah keterampilan dan hal-hal positif lainnya yang menjadi bekal bagi anggota pramuka untuk masa depannya. Jadi karakter bangsa terbentuk melalui Gerakan Pramuka, misalnya tolong menolong, gotong royong, jujur, hormat kepada yang lebih tua dan lain sebagainya," jelas Selamat.

Heri, salah seorang Guru Fisika SMA Negeri 1 Selatpanjang menyatakan cukup senang bisa mengikuti KMD. "Saya sangat senang dengan adanya pelatihan seperti ini, sebagai peserta kami tidak merasa rugi. Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan dalam KMD ini bisa bermanfaat dan diterapkan dalam  Pembelajaran Pramuka dan di Sekolah juga," harapnya.

Sementara itu, Anwari Dahlan Tim Pusdiklat Nasional yang juga Pusdiklat daerah Riau juga anggota Kwarcab Kabupaten Bengkalis, beliau sangat senang bisa di undang untuk melatih perserta didik untuk meningkatkan karakter yang mandiri bagi guru-guru di Sekolah di Kepulauan Meranti agar Kegiatan Pramuka di berbagai Sekolah dapat terprioritas dengan baik," sebutnya. (azn)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait