Sempena HUT ke 4, Kecamatan Pulau Merbau Gelar Festival Gasing

Sekretaris Disparpora Meranti sedang melayangkan gasing,pertanda dimulainya festival.

SELATPANJANG, oketimes.com- Guna mempopulerkan olahraga gasing yang merupakan olahraga tradisional di propinsi Riau, melalui perhelatan hari jadi kecamatan pulau Merbau yang ke 4, pemerintah kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar festival gasing dan perlombaan rakyat lainnya seperti lomba mencucuk atap, bersyair, pemilihan bujang dara tingkat kecamatan.

Festival gasing yang diikuti sebanyak 7 desa se kecamatan pulau Merbau, di buka langsung oleh Kadispora melalui sekretaris Dispora Kabupaten Kepulauan Meranti HM Ismail Arsyad, Senin sore (22/9).

Dalam sambutannya Ismail berharap bahwa olahraga gasing yang merupakan salah satu olahraga tradisional masyarakat Riau, kiranya dapat diminati lagi oleh seluruh kalangan masyarakat Riau, khususnya Kepulauan Meranti.

"Gasing ini olahraga tradisional  yang berada dibawah naungan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), kita berharap olahraga gasing ini dapat berkembang seperti cabang olahraga tradisional lainnya seperti sepak takraw, yang bisa di jadikan cabang olahraga berprestasi. Besar harapan kita agar olahraga gasing ini nantinya dapat meluas di tengah masyarakat yang kini sudah mulai lupa dengan permainan tradisional tersebut," katanya.

Permainan rakyat ini jadi daya tarik wisatawan, karena memiliki karakteristik yang beda. "Kalau berwisata ke kota sudah biasa," tambahnya di sela-sela membuka acara Festival Permainan Rakyat Gasing sempena HUT ke 4 kecamatan pulau Merbau.

Terpisah, Camat Pulau Merbau Armansyah SPd ketika dikonfirmasi mengatakan permainan gasing ini juga termasuk rekreasi masyarakat dan untuk menggali khazanah budaya melayu. Selanjutnya untuk membentengi dari budaya luar.

"Kita berharap dengan diadakannya festival gasing ini masyarakat lebih mengenal dan mencintai permainan tradisional dan budaya melayu yang sejak lama sudah kian sirna, dan kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan event ini dengan sebaik mungkin," ungkap Armansyah.

Serangkaian acara yang digelar selama sepekan ini tampak animo masyarakat terhadap permainan gasing cukup tinggi. Hal ini terlihat dengan banyaknya pemain gasing senior yang hadir.

Selain Festival gasing di pulau Merbau, Disparpora Kabupaten Kepulaun Meranti juga akan mengembangkan pantai Ceria desa Tanjungbunga dan pantai Beting Beras di desa Kuala Merbau. (aim)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :