ISPU Pelalawan Capai 145 Kategori Tidak Sehat

Kabut asap di kota Pangkalan Kerinci.

PELALAWAN, Oketimes.com- Indeks Standar Pencemaran udara (ISPU) Pelalawan mencapai 145 PM10 dalam kategori tidak sehat. Kondisi asap di Kabupaten Pelalawan saat ini sudah menyesakkan pernapasan.

Kepala BLH Pelalawan Samsul Anwar membenarkan kondisi ini, "Kalau sekarang memang kategori tidak sehat karena ISPU masih dibawah 200. Namun jika diatas 200 maka akan masuk kategori sangat tidak sehat. ISPU itu mulai dari kategori Sehat, Sedang, Tidak Sehat, Sangat Tidak Sehat dan Berbahaya," paparnya.

Dilanjutkan Samsul, yang jelas asap di Propinsi Riau ini terutama di Kabupaten Pelalawan merupakan kiriman asap dari angin barat daya. Dimana sumber asap berasal dari Jambi dan Sumsel.

"Kita menghimbau agar warga mengurangi aktifitas di luar rumah terutama bagi anak -anak. BLH dan Diskes saat ini sudah melakukan antisipasi guna mencegah warga terserang berbagai penyakit akibat asap seperti ISPA dengan pembagian masker kepada masyarakat," ujarnya.

Dari pantauan riaueditor.com di lapangan, terutama di ibukota Pangkalan Kerinci, jarak pandang saat ini hanya 500 meter saja. Kabut asap terlihat jelas seolah-olah langit menjadi mendung seperti akan turun hujan. Tidak banyak warga yang menggunakan masker terutama para pengendara.(zul)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait