2015 ! Gubernur Riau Pangkas Dana Hibah

PEKANBARU, oketimes.com- Saat ini, Gubernur Riau tengah merapikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2015. Salah satunya, Gubri akan memangkas anggaran hibah ke program yang langsung menyentuh masyarakat.

"Karena anggaran kita banyak berlebih, mungkin nanti APBD 2015 bisa mencapai Rp9 triliun lebih," kata Gubri, H Annas Maamun, Senin (25/8) di Pekanbaru.

Salah satu langkah untuk meminilasir anggaran tersebut agar tepat sasaran, Gubri secara tegas akan perketat dana hibah dan kegiatan non fisik pada tahun 2015.

"Lebih baik anggaran tersebut kita buat jalan, rumah orang miskin, sekolah dan Puskesmas yang bagus bagus-bagus. Jangan banyak didana hibah. Dana tersebut yang kita stop, jangan setiap tahunnya dana hibah dibantu," ujar Gubri.

Selain itu, kata Gubri, bantuan untuk Kabupaten/Kota juga tidak lagi berbentuk anggaran, melainkan bentuk fisik. Karena jika disalurkan dalam bentuk anggaran, dikhawatirkan realisasi pembangunan tidak sesuai yang diinginkan Pemerintah Provinsi Riau. 

"Kalau kita bantu uang, nanti takutnya dibangun kecil. Kalau sarana dan prasarana yang kecil-kecil biar lah anggaran dari Kabupaten/Kota, yang besar-besar tetap provinsi yang membangun. Paling tidak kita bangun Puskesmas itu yang anggarannya Rp20 miliar, dan didukung dengan fasilitas lengkap," ujarnya.(dea)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait