Bengkalis Layak Menjadi Ibukota Provinsi Riau Pesisir

BENGKALIS, oketimes.com– Pasca persetujuan pembentukan Provinsi Riau Pesisir dalam sidang paripurna DPRD Riau, Senin (18/8/2014) lalu, tanggapan beragam mulai bermunculan dari beberapa daerah, tak terkecuali dari Kabupaten Bengkalis.

Pembentukan Provinsi Riau Pesisir ini termuat dalam rancangan peraturan daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau 2014-2019 dengan catatan, hal itu berdasarkan rapat enam pimpinan fraksi yang ada di parlemen Provinsi Riau,  setelah disahkan akan dibahas dengan Gubernur Riau untuk selanjutnya dikonsultasikan lebih lanjut dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Menanggapi hal itu Anggota DPRD Bengkalis, Heru Wahyudi menyatakan dukungan penuh terhadap rencana pembentukan provinsi Riau Pesisir, jika ditujukan untuk kepentingan masyarakat dan juga percepatan pembangunan daerah

"Kita mendukung penuh jika memang rencana pembentukan Provinsi Riau Pesisir tersebut akan membawa kebaikan dan kemaslahatan bagi masyarakat Riau khususnya yang berada pada kawasan pesisir, karena dengan adanya pemekaran maka pemerataan dan percepatan pembangunan tentu dapat terakomodir dengan baik," ujar Heru Wahyudi, Kamis (21/8).

Dikatakan Heru bahwa realisasi pemekaran Provinsi Riau Pesisir tentu dikaji berdasarkan wilayah dan letak geografis, selain itu kekayaan alam Riau menjadi salah satu faktor yang mendukung perlunya diwujudkan pemekaran, supaya pembangunan di segala bidang benar-benar menjangkau seluruh lapisan masyarakat dimanapun berada

"tujuan pemekaran Provinsi Riau Pesisir adalah untuk memperpendek rentang kendali, dalam memberikan pelayanan publik yang efektif dari pemerintah untuk masyarakat, jadi rencana itu akan kita dukung seoptimal mungkin," tutur kandidat Calon Ketua DPRD Bengkalis periode 2014 – 2019 ini.

Menurut Heru, jika dilihat dari segi geografis maupun history maka Kabupaten Bengkalis layak diusulkan menjadi Ibu Kota Provinsi Riau Pesisir yang direncanakan dalam RPJMD Provinsi Riau 2014-2019 tersebut.

"tak berlebihan jika kita mengusulkan Kabupaten Bengkalis sebagai Ibukota apabila pembentukan Provinsi Riau Pesisir benar-benar terwujud, karena secara geografis maupun historis daerah kita seperti di kawasan Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu maupun di kota Bengkalis, layak dijadikan Ibu kota," tutup politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini. (gus/boc)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait