find us on : 
bank riau
Halaman Khusus Siak

Warga Lubuk Tilan Sumringah Terima Lampu Limar Gratis


Selasa, 10 Oktober 2017 | 14:04:42 | view: 9
ist
Penyambutan Danrem 031/Wirabima di lokasi pemasangan limar, Kampung Lubuk Tilan, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau, Senin (9/10/2017).
Oketimes.com, Siak - Bupati Siak Drs. H. Syamsuar bersama Komandan Resor Militer (Danrem) 031/Wirabima Brigjen TNI Edi Nasution SIP, jajaran TNI Kodim 0303/Bengkalis dan Direktur Utama PT. Bumi Siak Pusako (BSP) memberikan 36 unit lampu listrik mandiri rakyat (limar) di Dusun Berumbung Rejo, Abling 12 Kampung Lubuk Tilan, Kabupaten Siak, Senin (9/10/2017).

Desa tersebut merupakan desa pertama yang menjadi tempat pemasangan lampu limar di Kabupaten Siak. Sebanyak 36 unit limar diberikan kepada 36 rumah yang ada di abling 12a ini. Desa yang terletak cukup jauh dari kota Siak ini memang belum mendapatkan aliran listrik PLN.

Sebelumnya, masyarakat masih bergantung pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang berasal dari dana swadaya.

Masyarakat biasanya menghabiskan biaya Rp200 ribu hingga Rp 1 juta untuk biaya menggunakan PLTD. PLTD dinyalakan serentak setiap pukul 17.30 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

"Sebelumnya kita pakai PLTD dari dana swadaya masyarakat, yang hidup dari pukul 17.30 WIB sampai pukul 23.00 WIB setiap harinya, tapi sekarang sudah terputus, sehingga kita menggunakan lampu teplok," ujar salah satu warga penerima bantuan limar.

Lanjutnya, dengan adanya bantuan lampu limar gratis ini masyarakat merasa terbantu karena tidak harus membayar mahal, mereka hanya harus melakukan cas pada accu sebulan sekali di Babinsa masing-masing Kecamatan.

Pemberian lampu limar gratis ini merupakan bantuan dari dana CSR PT. BSP bagi masyarakat Kabupaten Siak yang belum mendapatkan aliran listrik PLN. Pemberian limar ini akan diberikan dalam dua tahap, tahap pertama akan diberikan sebanyak 300 unit limar pada tahun ini, dan selebihnya akan diberikan pada tahap kedua ditahun depan.

Program ini merupakan hasil sinergi Pemkab Siak dengan menggandeng BUMD PT Bumi Siak Pusako melalui program Corporate Sosial Responsibilitynya (CSR) dan didukung oleh jajaran Kodim 0303/Bengkalis.

Syamsuar dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya, masyarakat Siak yang jauh dari jangkauan listrik PLN akhirnya dapat menikmati penerangan gratis.

"Dengan adanya pemberian lampu limar gratis ini, mendapat senyum penuh keceriaan penerima bantuan, akan membuat perubahan yang lebih baik lagi kedepannya, serta dapat berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Syamsuar. (*/man)

BERITA TERKAIT:
Tim Ekspedisi NKRI Gelar Pengobatan Gratis dan Lestarikan Alam Papua Selatan
Warga Teluk Pinang Geger Temukan Mayat Kakek 80 Tahun di Semak-semak
Bawa 1 Ons Sabu, Warga Aaek Nabara Tertangkap Tangan di Duri
Perkenalkan Mata Uang Digital, Bitconnect Segera Gelar Seminar Edukasi Gratis di Pekanbaru
Nyabu Bareng di Lapas Wanita, Pembesuk dan Warga Binaan Diamankan
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.