find us on : 
bank riau
Halaman Khusus Siak

Mau Jual Senpi Rakitan, Pemuda Kandis Ditangkap

Berusaha Kabur, Timah Panas Mendarat

Rabu, 11 Oktober 2017 | 23:23:46 | view: 39
ist
Tersangka BH (18) berikut senjata api rakitan dan ratusan amunisinya saat diamankan di Polsek Kandis Kabupaten Siak, Riau, Senin 9 Oktober 2017 sekira pukul 21.00 WIB malam.
Oketimes.com - Kandis : Hendak jual senjata api rakitan brikut amunisi jenis Revolver, BH (18) warga Desa Kandis Godang Kecamatan Kandis, diringkus Tim Unit Reskrim Polsek Kandis Kabupaten Siak, Riau, Senin 9 Oktober 2017 sekira pukul 21.00 WIB malam. 

Tersangka BH ditangkap petugas, saat dirinya berada di Jalan Lintas Pekanbaru - Duri Km 80 Kelurahan Kandis Kota Kecamatan Kandis, Siak, Riau.

Penangkapan tersangka BH dilakukan petugas, lantaran adanya informasi yang didapat oleh tim opsnal Polsek Kandis yang menyebutkan bahwa pelaku akan melakukan transaksi menjual senjata api.

Berangkat dari informasi tersebut, Tim Opsnal Reskrim Polsek Kandis melakukan penyelidikan dan mendapat informasi bahwa tersangka sedang berada di TKP penangkapan.

Tak mau ketinggalan buruan, tim opsnal yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Kandis AKP M Simanungkalit langsung melakukan pengepungan.

Melihat kedatangan para petugas, tersangka berusaha melarikan diri dan berusaha mengeluarkan benda yang diduga senpi dari dalam tasnya.

Pada saat itu, tim opsnal memerintahkan tersangka untuk berhenti dan Bripka Goklas Tobing memberikan peringatan dengan cara melakukan penembakan ke atas udara sebanyak 1 kali, akan tetapi tersangka tetap tidak menghiraukan tembakan tersebut.
 
Lantaran diduga akan membahayakan personel yang melaksanakan penangkapan, personil Bripka Frangky Jimmi melakukan penembakan ke arah kaki tersangka dan mengenai paha sebelah kanan kira kira 5 cm di atas dengkul.

Meski keadaan tertembak, akan tetapi tersangka tetap saja hendak melarikan diri dan seorang petugas langsung menghampirinya dan sempat bergumul dengan Brigadir Hendrio. Akhirnya tak lama kemudian, tersangka dapat diamankan ke Polsek Kandis bersama satu orang saksi teman tersangka.

Saat digeledah, petugas menemukan senjata api rakitan yang terbungkus plastik warna hitam beserta amunisinya. Selanjutnya petugas melakukan penggeledahan di rumah tersangka di Km 84 Kampung Kandis dengan di dampingi oleh RT setempat.

Selain mengamankan satu pucuk senpi rakitan warna hitam bergagang plastik warna coklat mirip jenis Revolver dengan lobang silinder sebanyak 6 buah yang didalam silinder ditemukan satu cartridge kuningan.

Satu buah tas sandang warna biru terbuat dari kain yang berisikan 9 butir cartridge yang di ujungnya tertempel peluru jenis senapan angin, satu batang besi bulat padat sepanjang 15 cm.

Sedangkan dari rumah tersangka petugas menemukan satu pucuk benda mirip senjata api yang terbuat dari plastik warna hitam, 52 (lima puluh dua) butir cartridge kuningan yang di ujungnya di tempelkan jenis peluru senapan angin, 104 (seratus empat) butir Cartridge kuningan merek Super Fix PL 22 yang berisi mesiu.

Kemudian satau kotak peluru senapan angin yang terbuat dari timah kurang lebih 200 butir peluru senapan angin yang terbuat dari timah.

Saat dilakukan pemeriksaan, tersangka mengatakan bahwa senpi rakitan tersebut diperolehnya dari almarhum ayah kandungnya, yang sudah meninggal dunia satu tahun lalu

Kondisi luka tersangka mengalami luka tembak pada paha kanan yang tembus dan tidak mengenai tulang paha serta masih dalam keadaan sadar.

Akibat perbutannya tersebut, polisi bakal menjerat tersangka BH dengan pasal 1 undang Undang Darurat No 12 tahun 1951 dengan ancaman pidana 20 tahun penjara.

Adapun tindakan yang sudah dilakukan petugas melakukan penangkapan tersangka dan mengamankan barang bukti, melakukan penggeledahan rumah tersangka dan membawa tersangka berobat ke Puskesmas Kandis.

Sedangkan tindak lanjut petugas melakukan pemeriksaan terhadap tersangka dalam rangka penyelidikan asal senjata api rakitan. Kemudian melakukan pemeriksaan barang bukti senpi rakitan ke Labfor Polri Cabang Medan.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo SIK, MM saat dikonfirmasikan Rabu (11/10/2017) siang membenarkan adanya penangkapan tersangka kepemilikan dua senjata api berikut amunisinya yang sudah diamankan di Polsek Kandis, Senin 9 Oktober 2017 sekira pukul 21.00 WIB malam.  

"Ya benar, saat ini pelaku dan barang buktinya sudah diamankan di Polsek Kandis, guna dilakukan proses penyidikan dan pengembangan lebih lanjut," ungkap Guntur. (ars)

BERITA TERKAIT:
Curi Kotak Amal di RM Soto Medan, Pemuda Air Molek Diamankan
Miliki 13 Paket Sabu, Pemuda Bangkinang Ditangkap
Polres Inhil Lakukan Pemeriksaan Senjata Api Personil
Wabup Tutup Siak Bermadah 2017, Singapura Juara Zapin Internasional
Tiga Warga Kandis Terima Penghargaan Bupati Siak
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.