find us on : 
bank riau
Halaman Khusus Rokan Hulu

Bupati Rohul Hadiri Potang Bolimau Cono di Ujung Batu


Jumat, 26 Mei 2017 | 23:10:58 | view: 107
hms pemkab rokan hulu for oketimes.com
Bupati Rokan Hulu, H Suparman S.sos MSi mengawali tradisi bulan Ramadan yakni, Potang Bolimau Cono di Sungai Rokan, Desa Sukadamai, Kecamatan Ujung Batu, Jumat (26/5) siang. Selain itu, Bupati Suparman juga melepas start final iven pacu sampan.
Ujungbatu, Oketimes.com - Bupati Rokan Hulu, H Suparman S.sos MSi mengawali tradisi bulan Ramadan yakni, Potang Bolimau Cono di Sungai Rokan, Desa Sukadamai, Kecamatan Ujung Batu, Jumat (26/5) siang. Selain itu, Bupati Suparman juga melepas start final iven pacu sampan.

Potang Bolimau Cono juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Rohul Hardi Chandra, segenap anggota DPRD Rohul Dapil IV, Tokoh Masyarakat Ujung Batu Indra Gunawan, Upika Ujung Batu, ninik mamak, perwakilan perusahaan serta ribuan masyarakat yang berasal dari berbagai kecamatan di Rohul.

Potang Bolimau Cono di Ujung Batu tersebut berlangsung meriah, dimana digelar iven pacu sampan yang dimulai sepekan lalu. Pesertanya berasal dari sejumlah kecamatan, yakni Ujung Batu, Tandun, Kabun, Rokan IV Koto, Pendalian IV Koto, Pagaran Tapah Darussalam, Kunto Darussalam dan Bonai Darussalam.

Bupati Rohul, H Suparman dalam arahannya menyampaikan, Tun Bolimau Cono merupakan tradisi turun temurun setiap menyambut bulan suci Ramadan.

"Tradisi Tun Bolimau Cono dulu dan sekarang berbeda. Kalau dulu, kita datang ke rumah ninik mamak untuk diberikan limau atau jeruk seraya meminta ampun kepada ninik mamak. Dengan perkembangan zaman, sekarang tradisi ini dibuka dengan beramai-ramai mandi ke sungai," ujar Bupati Suparman.

Suparman menambahkan, tradisi tersebut sangat positif, apalagi diisi dengan pelaksanaan iven seperti pacu sampan. Ia berharap agar tradisi tersebut bisa dilestarikan.

"Mudah-mudahan tradisi ini bisa dijadikan budaya masyarakat. Kepada Upika dan ninik mamak, saya berharap tradisi ini jadi budaya yang bisa dikembangkan, sehingga menjadi daya tarik buat masyarakat luas, khususnya putra dan putri Rohul yang di perantauan," harapnya.

Dalam pada itu, pinta Suparman dibulan Ramadan ini masyarakat hendaknya menjaga suasana beribadah aman dan tertib. Kemudian, kepada Upika Ujung Batu hendaknya membersihkan lokasi yang rianggap menggangu ketentraman umat Muslim beribadah.

"Saya juga berpesan agar masyarakat yang non muslim untuk saling menghargai masyarakat yang menjalankan ibadah puasa," kata Suparman.(Adv/yasor)

BERITA TERKAIT:
Bupati Amril: ASN Harus Bekerja Secara Profesional
Polda Riau Terima Bantuan Alat Pencegah Karhutla Hibah RAPP & Sinar Mas
Polda Riau & Korem 031/WB Gelar Salat Subuh Berjemaah
Bupati Pimpin Persiapan Cabor Siak di Porprov Riau 2017 Kampar
Bupati Siak Minta OPD Berinovasi Bekerja dan Tidak Boros Anggaran
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.