find us on : 
bank riau
Halaman Khusus Rokan Hulu

Pemkab Rokan Hulu Gelar Simulasi Siaga Bencana Alam


Rabu, 26 April 2017 | 21:24:15 | view: 125
ist
Tim gabungan Pemkab Rokan Hulu (Rohul) mengelar simulasi penanganan bencana gempa dan kebakaran di Pasar Modern Pasir Pengaraian, Rabu (26/4/2017) pagi.
Pasir Pengaraian, oketimes.com - Tim gabungan Pemkab Rokan Hulu (Rohul) mengelar simulasi penanganan bencana gempa dan kebakaran di Pasar Modern Pasir Pengaraian, Rabu (26/4/2017) pagi. Simulasi ini sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam.

Simulasi melibatkan Tim Rescue BPBD Rohul, Pemadam Kebakaran dari Satpol PP Rohul, Polres Rohul, Koramil 02 Rambah, PMI, Pramuka, Dinas Kesehatan, Puskesmas Rambah, Srikandi Damkar, dan pihak Pasar Modern Pasir Pengaraian.

Sebelum simulasi di Pasar Modern, terlebih dahulu digelar Apel Siaga di Taman Kota Pasir Pengaraian. Usai apel, tim gabungan selanjutnya bergerak ke lokasi Pasar Modern Pasir Pengaraian.

Simulasi dilakukan benar-benar seperti kejadian saat bencana, dan jadi perhatian masyarakat sekitar dan pengguna jalan. Petugas gabungan bahu-membahu melakukan pemadaman api, evakuasi korban, hingga pengamanan lokasi.

Usai simulasi, dalam amanatnya, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto mengatakan dari simulasi perdana, banyak yang perlu ditingkatkan. Namun demikian, AKBP Yusup memuji kesigapan personil gabungan dalam penanggulangan bencana. Ia mengharapkan seluruh personil tetap kompak.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Rohul Aceng Herdiana mengatakan dari data Inaris BNPB Pusat, kawasan Rohul punya potensi bencana alam gempa bumi. Ia mengharapkan Pemkab Rohul dan tim gabungan siap menghadapi setiap bencana yang terjadi.

Menurutnya, bencana alam menjadi tanggung jawab tiga elemen, yakni pemerintah, masyarakat l, dan dunia usaha, sesuai lambang segitiga BPBD. Dari itu Aceng mengharapkan seluruh masyarakat dan dunia usaha ikut serta dalam penanggulangan bencana.

"Bencana tidak bisa kita tolak, namun yang bisa kita lakukan mengurangi risiko yang ditimbulkan. Dari itu kita siap siaga dan siap selamat," ujar Aceng. (Adv/hms/ys)


BERITA TERKAIT:
Lagi, Pemkab Pelalawan Usulkan Pembangunan 100 Unit Bedah Rumah Bagi Warga Kurang Mampu
Polisi Dalami Peran 34 Orang Saksi Insiden di LBH Jakarta
Kenderaan Berbahan Bakar Air Ini Bisa Tempuh Ratusan Kilometer Dalam 55 Detik Lho
Jamaah Haji Kloter 8 BTH Kabupaten Bengkalis Tiba di Kampung Halaman
Genjot PAD, Pemkab Pelalawan Susun Master Plan Wisata Tugu Ekuator
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.