find us on : 
bank riau
Halaman Khusus Rokan Hilir

Selain Tanpa Izin, Hotel di Bagansiapiapi Minim Lahan Parkir


Rabu, 30 Agustus 2017 | 15:46:31 | view: 28
ist
Salah satu hotel dan penghinapan di Bagansiapiapi yang tidak didukung lahan parkir.
Oketimes.com - Bagansiapiapi : Suburnya kehadiran Hotel dan Penginapan yang diduga tanpa izin di Bagansiapiapi, ternyata juga tidak memiliki lahan parkir yang memadai. Sesuai dengan pernyataan Dinas Lingkungan Hidup Rohil yang menyebutkan hotel dan penginapan tersebut tidak memiliki izin lingkungan.

Ini yang menyebabkan tamu yang datang membawa kendaraan terpaksa memarkir kendaraannya di bahu jalan. Pihak terkait juga diminta menertibkan parkir yang meresahkan masyarakat tersebut.

Ruswan (30) warga Bagansiapiapi mengaku sangat menyayangkan hal tersebut terjadi, lantaran dirinya tidak melihat ada itikad baik dari pemilik Hotel untuk menyediakan lahan parkir untuk para tamu hotel.

"Ada puluhan hotel dan penghinapan di Bagansiapiapi yang beum ada areal parkirnya. Yang ada hanya di Hotel Lion saja, sedangkan lainnya hanya sekedar untuk parkir sepeda motor dan kerap membuat jalanan macet," ungkap Ruwan pada awak media saat mintai pendapatnya soal kehadiran hotel dan penginapan di Bagansiapiapi, Rabu (30/8/2017) siang.

Ia berharap kepada pihak terkait Dinas Perhubungan dan Dinas Satpol PP dan Linmas bisa melakukan penertiban, sehingga hal yang terkesan dibiarkan ini tak menyulut kemarahan warga yang sudah memendam sejak lama.

"Penertiban hotel ini kita maksudkan demi kenyamanan kita bersama dan tamu hotel yang akan menginap. Pengelola atau pengusaha hotel itu harus memikirkan tempat parkir sebelum membangun hotel, jangan hanya seenaknya dan memikirkan untung saja, sementara keindahan serta kenyamanana warga malah terganggu," keluhnya.

Hal senada juga diutrakan Budiman (45) pada awak media tiap hari ia melintas di sepanjang Jalan Perniagaan dan Perdagangan kerap membuat lalu lintas semrawut.

"Kita mengingatkan pihak instansi terkait bahwa ke depan hal ini harus menjadi perhatian. Jika pengusaha hotel tidak mempunyai areal parkir, sebaiknya jangan diberi izin mendirikan hotel, belum lagi parkir kedai-kedai kopi juga memakan badan jalan dan kita yang masyarakat biasa ini merasa terganggu," kata Budiman.

Ia berharap agar instansi terkait mendata kembali hotel dan penginapan yang sudah beroperasi akan tetapi tidak memiliki lahan parkir supaya perlu diberitahukan agar menyediakan tempat parkir.

Dia mencontohkan, jika warga melintas dan menyenggol mobil atau motor tamu hotel maka yang akan disalahkan adalah warga. Padahal jalan umum digunakan untuk bersama bukanlah menjadi tempat parkir hotel.

"Sebab Bagansiapiapi ibukota Rokan Hilir seiring dengan pesatnya pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah, semakin berkembang dan perlu kenyamanan dalam berlalu lintas, ini sudahlah tak ada rambu lalu lintas ditambah, jalanan kecil dan semrawut karena parkiran hotel dan pengunjung kedai kopi," jelasnya.

Sementara itu, pihak Dinas Perhubungan Rohil saat berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi baik melalui Kadisnya Rahmatul Zamri dan Kabid Perhubungan Darat Mundaryanto. (dw)

BERITA TERKAIT:
Simpan dan Miliki 4 Paket Sabu, Pemuda Tembilahan Hulu Ditangkap
Wanita Penghuni Kamar Hotel Parma Ditemukan Tewas Tanpa Busana
Razia Hotel & Kosan, Polresta Angkut Belasan Pria-Wanita Tanpa Identitas
Polisi Mediasi Konflik Lahan Warga Bersama PT Tasma Puja
Pemkab Siak Targetkan 3500 Hektar Perkebunan Kopi dan Kakao di Lahan Gambut
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.