find us on : 
bank riau
Halaman Khusus Rokan Hilir

Ruko Berwajah Hotel Tanpa Izin Eksis di Bagansiapiapi


Selasa, 29 Agustus 2017 | 21:47:55 | view: 53
ist
Salah satu hotel di Bagansiapiapi yag diduga tidak mengantongi izin lingkungan dari DLHK Roakn Hilir, Riau.
Oketimes.com - Bagansiapiapi : Ruko berwajah hotel di Bagansiapiapi tampak subur dan banyak tak mengatongi Izin, khususnya di bidang Izin Lingkungan. Diminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir segera melakukan pengkajian ulang.

"Untuk Izin Lingkungan ini kita akan data dulu, namun sampai saat ini memang masih banyak hotel hampir-hampir semuanya belum mengantongi izin tersebut," kata Kepala DLH Rokan Hilir, Suwandi S.Sos pada awak media, Senin (28/8/2017) kemarin.

Ditanya usaha atau kegiatan yang mana yang wajib Izin Lingkungan, Suwandi menjelaskan, sesuai dengan Pasal 36 ayat (1) UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH) menyebutkan bahwa, "Setiap usaha dan/ atau kegiatan yang wajib memiliki amdal atau UKL-UPL wajib memiliki izin lingkungan.

"Dengan demikian usaha atau kegiatan yang wajib memiliki  izin lingkungan Usaha atau Kegiatan yang wajib memiliki AMDAL atau Usaha atau Kegiatan yang wajib memiliki UKL-UPL," tegasnya.

Salah satu contoh saja Hotel yang terletak di Jalan Riau, tepatnya depan Polsek Bangko, Hotel Kesuma yang dulunya hanya puluhan kamar kini bertambah kamarnya dan tidak bisa menunjukkan izin-izin dari Pemkab Rohil. Tak menutuo kemungkinan hotek-hotel lainnya yang juga terlihat tiap tahun menambah jumlah kamar sementara untuk Izin lingkungannya belum tuntas sudah puluhan tahun berdiri.

Belum lagi adanya hotel-hotel yang jadi tempat tinggal wanita malam, seperti di Jalan Sedar, Jalan Bawal yang membuat masyarakat resah sehingga diharapkan semua pihak bahu membahu untuk meninjau izin-izinnya kembali.

Terkait sanksi lanjut Suwandi,  apakah jika suatu usaha tidak memiliki izin lingkungan, ia kembali mengutip aturan, Setiap Usaha dan/atau Kegiatan yang wajib memiliki Amdal atau UKL-UPL wajib memiliki Izin Lingkungan (Pasal 36 ayat (1) UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup) barang siapa yang melanggar dapat dikenai pidana sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 109 ayat (1) UU Nomor 32 tahun 2009.

Pasal ini berbunyi bahwa "Setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan tanpa memiliki izin lingkungan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling sedikit Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah)". (Pasal 109 ayat (1) UUPPLH)

Pejabat pemberi izin usaha dan/atau kegiatan yang menerbitkan izin usaha dan/atau kegiatan tanpa dilengkapi dengan izin lingkungan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 40 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling banyak Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah)”. (Pasal 111 ayat (2) UUPPLH).

"Jadi kita akan sisir semua hotel maupun penginapan, dan bagi yang belum kita arahkan untuk mengurus izin, jika membandel maka kita akan berikan sanksi yang tegas dengan OPD lainnya juga akan koordinasi jika tidak juga maka kita minta ditutup," pungkasnya. (dw)

BERITA TERKAIT:
Wanita Penghuni Kamar Hotel Parma Ditemukan Tewas Tanpa Busana
Razia Hotel & Kosan, Polresta Angkut Belasan Pria-Wanita Tanpa Identitas
Selain Tanpa Izin, Hotel di Bagansiapiapi Minim Lahan Parkir
Pimpinan Pertimbangkan Pemberian Sanksi Dirdik KPK
Polda Riau Sita 741 Slop Rokok Tanpa Cukai
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.