find us on : 
bank riau
Halaman Khusus Riau

Dua Cawagubri Sampaikan Program Kerja di Paripurna DPRD Riau


Jumat, 14 April 2017 | 20:23:54 | view: 62
fin
Usai dari ruang rapat paripurna, Wan Thamrin Hasyim (pakai peci kostum teluk belanga) yang digadang-gadang calon kuat Wagubri, melakukanfoto bersama dengan para sahabatnya.
Pekanbaru, Oketimes.com - Dua Calon Wakil Gubernur Riau (Cawagubri), Wan Thamrin Hasyim dan Ruspan Aman menyampaikan program kerja di sisa masa jabatan Gubri Arsyadjuliandi Rachman, Kamis (13/04/17).

Dipimpin Ketua DPRD Riau Dra Septina Primawati Rusli MM didampingi tiga wakilnya, Manahara Manurung, Novialdy Jusman dan Sunaryo, penyampaian program kedua calon Cawagubri mengawalinya dengan menggambarkan kondisi geografis dan demografis wilayah Provinsi Riau temasuk sosial ekonomi.

Ruspan Aman maupun Wan Thamrin Hasyim lebih menekankan pada visi dan misi jika terpilih jadi Wagubri nantinya pada kesempatan berbeda saat menyampaikan program kerja yang dihadiri Sekdaprov Ahmad Hizaji, anggota DPRD Riau dan unsur Forkompinda.

Ruspan Aman dalam visinya menyebutkan, “Terwujudnya Provinsi Riau yang maju, masyarakat sejahtera, berbudaya Melayu dan berdaya saing tinggi menurunnya kemiskinan, tersedianya lapangan kerja serta pemantapan aparatur”.

Sedangkan misi diantaranya, meningkatkan pembagunan infrastruktur, meningkatkan pelayanan pendidikan, meningkatkan pelayanan kesehatan, menurunkan kemiskinan, mewujudkan pemerintahan yang handal dan terpecaya serta pemantapan kehidupan politik.

Misi kata mantan anggota DPRD Riau ini, antaralain pembangunan masyarakat yang berbudaya Melayu, beriman dan bertaqwa, memperkuat pembangunan pertanian dan perkebunan, meningkatkan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta pariwisata, dan meningkatkan peran swasta dalam pembangunan. Selanjutnya, politisi Golkar itu memaparkan kondisi Riau yang meliputi luas wilayah, jumlah kabupaten/kota, jumlah penduduk dan jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ruspan Aman mengatakan, berbagai peristiwa silih berganti menimpa Provinsi Riau baik persoalan hukum, administrasi pemerintahan yang berkaitan dengan pelaksanaan APBD, pemberlakuan SOTK pemerintah daerah, bencana alam dan lain sebagainya. Ia mengatakan, kendati demikian bukan berarti Provinsi Riau tidak bisa keluar dari kondisi seperti itu.

"Hidup harus dilanjutkan dan masa depan yang baik patut kita songsong. Bukankan pepatah Melayu mengatakan, Esa hilang dua terbilang, patah tumbuh hilang berganti takkan Melayu hilang hilang di bumi. Dengan semangat Hang Tuah dan Hang Jebat kita masih  bisa membuat Riau menjadi lebih baik untuk diwariskan kepada anak cucu kita nanti" ucap Ruspan Aman yang sesekali melontarkan guyonannya di hadapan anggota dewan dan undangan yang hadir.

Poin lain yang disampaikan pria kelahiran Inuman Kabupaten Kuansing tahun 1951 itu yakni, program kerja yang akan dilaksanakan jika terpilih jadi Wagubri. Diantaranya, pembangunan dan pemantapan infrastruktur, peningkatan aparatur dan birokrasi pemerintahan, peningkatan ekonomi berdaya saing serta kesejahteraan rakyat, peningkatan kualitas SDM, pengembangan budaya, olahraga seni dan kemasyarakatan.

Pria yang memiliki 4 putri hasil pernikahan dengan Hj Sri Ningsih itu, kemudian merinci 21program prioritas yang akan dilaksanakan tahun 2018 sebagaimana tertuang dalam RKPD tahun 2018.

Upaya tersebut kata Ruspan Aman dalam rangka membantu Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam rangka perwujudan visi dan misi yang sudah ditetapkan. Ia pun berharap program ini dapat terealiasi jika terpilih jadi Wagubri nanti.

Cawagubri Wan Thamrin Hasyim;

Sementara Cawagubri Wan Thamrin Hasyim yang mendapat kesempatan menyampaikan program kerja mengatakan, dirinya tidak akan lepas dan harus selaras, sejalan dengan visi misi Gubernur Riau Arsyadjuliandri Rachman.

Senada dengan Cawagubri Ruspan Aman, Cawagubri Wan Thamrin Hasyim mengawali program kerjanya dengan menggambarkan kondisi geografis dan demografis Provinsi Riau.

Pria kelahiran tahun 1944 itu mengatakan, fokus dirinya jika terpilih sebagai Wagubri akan mengejar ketertinggalan target sesuai RPJMD dengan cara mengawal perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan.

Selain itu Wan Thamrin Hasyim juga akan membantu Gubernur dalam upaya optimalisasi PAD melalui intensifikasi dan eksetifikasi pendapatan, memantapkan potensi pengembangan pariwisata sesuai tag line Riau the Homeland of Melayu dan Riau menyapa dunia, melalui pengembangan infrastruktur dan akses ke daerah obyek wisata dan saranya pendukung lainnya.

Poin lain jika terpilih jadi Wagubri kata Wan Thamrin Hasyim, akan membantu Gubernur memantapkan muatan lokal kebudayaan Melayu melalui kurikulum pendidikan, penanggulangan isu-isu strategis baik nasional maupun daerah seperti RTRW, memantapkan hubungan dan harmonisasi kerja antara eksekutif dan legislatif.

Ia mengatakan, sebagai mantan birokrat dan Bupati, apabila mendapat kepercayaan dari anggota DPRD Riau, ia yakin dan percaya akan memudahkan Gubernur melaksanakan tugas.

"Dengan izin Allah SWT serta pengalaman saya sebagai mantan birokrat dan mantan Bupati, dan apabila saya kepercayaan dari bapak ibu anggota dewan, saya yakin dan percaya akan meudahkan saya membantu Gubernur melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pengawasan dan pelaksanaan tugas-tugas koordinasi antara kabupaten dan kota di Provinsi Riau," ujarnya. (fin)

BERITA TERKAIT:
Bupati Bengkalis Sampaikan Niat Rayakan Idul Fitri di Kediaman Pribadi
Kapolda Riau Ajak Masyarakat Pererat Hubungan Silaturahmi
Kapolda Riau Tinjau Kesiapan Pos Pom di Inhu
Polda Riau Berangkatkan 12 Siswa Terpilih Ikuti Tes Tamtama di Pusat
Lantik 64 Pejabat Eselon II, III dan IV, Suyatno : Bekerjalah dengan baik, jangan neko-neko
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.