find us on : 
bank riau
Halaman Khusus Riau

Kapolda Riau Buka Rakernis Bareskrim Polri 2017


Rabu, 19 April 2017 | 22:13:38 | view: 19
ist
Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara saat mebuka Rakernis Bareskrim Polri 2017.
Pekanbaru, Oketimes.com - Ratusan penyidik Reserse di Direktorat Reserse Kriminal Umum, Khusus dan Narko‎ba Polda Daerah Riau, Rabu (19/4/2017)  mengikuti Rakernis Bareskrim Polri 2017 di hall Hotel Premiere Pekanbaru.

Kegiatan yang dibuka Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara ini bertujuan mewujudkan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan.

"Rakernis ini juga diikuti Kapolsek di seluruh Riau. Jumlah keseluruhan perserta 173," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo SIK MM.

Dalam arahannya, ada beberapa poin yang disampaikan Kapolda Riau terkait penegakan hukum yang dilakukan penyidik Polda Riau dan jajaran.

Poin pertama, terang Guntur, Kapolda Riau meminta penyidik supaya 'rajin' memberitahukan perkembangan penyidikan atau SP2HP kepada korban ataupun pelapor dalam perkara suatu tindak pidana.

"Karena komplain terbanyak pada kinerja penyidik adalah pemberitahuan perkembangan hasil penyidikan. Harus diberikan kepada korban, bagaimana tindaklanjutnya dan perkembangan penyidikannya," tegas Kapolda sebagaimana yang disampaikan Guntur.

Irjen Pol Zulkarnain Adinegara juga memerintahkan kepada penyidik jajarannya agar mempedomani SOP penegakan hukum, mulai dari penyelidikan, gelar perkara, peningkatan status penyelidikan ke penyidikan, penetapan tersangka, hingga pelengkapan berkas tindak pidana.

Kapolda juga menekankan penyelesaian kasus-kasus tunggakan. Setiap kasus diselesaikan dengan baik hingga ditemukan kepastian hukum dan dilanjutkan kalau cukup bukti.

Selanjutnya, Kapolda juga meminta pejabat utama di Reserse, misalnya Direktur Reserse Kriminal Umum, Direktur Reserse Kriminal Khusus dan Direktur Resere Narkoba menjalin kerjasama baik dengan pengawas eksternal.

"Salah satunya media massa, baik itu elektronik, cetak dan online‎. Pejabat diminta memberikan keterangan pers kalau diminta perkembangan kasus. Hal ini merupakan kebijakan prioritas Kapolri dalam bidang menajemen media," tegas Guntur mengutip arahan Kapolda.

Masih ada beberapa poin yang disampaikan penyidik kepada ratusan penyidik. Yang terakhir terkait punisment dan reward bagi anggota. Menurut Kapolda hal ini sebagai penunjang kinerja anggota lebih profesional, proporsional dan berkeadilan.

"Bagi yang berprestasi harus diberi penghargaan, begitu juga sebaliknya," kata Guntur.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari. Selain penyidik Polri, kegiatan ini juga diikuti instansi penegak hukum lainnya yang selalu terkait dengan kerja Reserse.

"Selain dari Kepolisian, dihadiri juga oleh PPNS BPOM, PPNS Kehutanan, PPNS Bea Cukai sera PPNS Satpol PP," kata Guntur. (dam)


BERITA TERKAIT:
Kapolda Riau Pimpin Pelepasan 101 Personel Brimob ke Papua
Kadisdik Riau Sebut 107.524 Siswa SMP Siap Ikuti UN
Bank Riau Kepri Raih Peringkat Dua Nasional Service Exellence
Gubri Ajak Masyarakat Wujudkan Riau Jadi Pengekspor Jagung
Pemprov Perpanjang Status Siaga Darurat Karhutla Riau
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.