find us on : 
bank riau
Halaman Khusus Pekanbaru

Dipicu Pemindahan di Malam Hari

Lagi, Napi Rutan Sialang Bungkuk Sempat Ricuh


Minggu, 16 Juli 2017 | 20:28:46 | view: 107
ist
Para tahanan Rutan Kelas IIB Sialang Bungkuk sempat terjadi kericuhan dengan polisi dan Brimob Polda Riau saat melakukan pemindahan sejumlah tahanan ke Lapas Bangkinang dan Lapas Tembilahan, Sabtu (15/7/2017) malam.
Pekanbaru, Oketimes.com - Terjadinya kericuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sialang Bungkuk, Sabtu (15/7/2017) malam sempet terjadi. Hal tersebut dipicu lantaran petugas merasa terusik saat petugas melakukan pemindahan mendadak sejumlah napi pada malam hari. Imbasnaya para napi juga diduga was-was dan mengira digelar razia besar-besaran oleh petugas.

"Rencana pemindahan napi ini sudah dilakukan jauh-jauh hari. Saat pemindahan mereka kaget diduga ada unsur kegiatan lain," kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementian Hukum dan HAM, Provinsi Riau, Dewa Putu Gede kepada awak media, Minggu (16/7/2017) siang.

Ia mengatakan, pemindahan sebanyak 58 orang ini sudah dilakukan secara estafet. Ada sebanyak 50 napi yang akan dipindahkan ke Lapas Bangkinang dan sisanya 8 orang ke Lapas Tembilahan. Proses pemindahan ini sudah dilakukan jauh hari dengan dilakukan rapat terlebih dahulu.

"Jadi total seluruh napi yang kita dipindahkan untuk hari semuanya ada sebanyak 58 orang. Selain itu juga pemindahan napi ini dapat mengurangi beban daya tampung di Rutan. Prosesi ini sudah dilakukan rencana jauh hari," terang Dewa.

Terkait kericuhan yang sempat terjadi di dalam Rutan malam tadi sekitar pukul 22.30 Wib, dipicu adanya missed komunikasi dengan mereka. Dimana pemindahan mendadak yang dilakukan saat pada malam hari ketika napi tegah istirahat tidur.

"Pemindahan ini membuat para napi terasa terusik, mengganggu kenyamanan mereka tidur. Dalam pemikiran mereka, selain pemindahan diduga ada razia besar-besaran, makanya sempat terjadi ketegangan," terang Dewa.

Beruntung kericuhan ini tidak memakan korban, baik dari napi, maupun pihak polisi dan TNI yang mengamankan jalannya pemindahan tahanan.

"Tidak ada korban jiwa, ataupun luka-luka yang mengenai kedua pihak napi dan petugas pengamanan. Semuanya berjalan lancar dan terkendali," pungkas Dewa.

Berita sebelumnya, Sabtu (15/7/2017) malam, para tahanan Rutan Kelas IIB Sialang Bungkuk sempat terjadi kericuhan lemparan batu dengan polisi dan Brimob Polda Riau saat melakukan pemindahan sejumlah tahanan ke Lapas Bangkinang dan Lapas Tembilahan. (ars)


BERITA TERKAIT:
Lagi, Pemkab Pelalawan Usulkan Pembangunan 100 Unit Bedah Rumah Bagi Warga Kurang Mampu
Soal BTT, Lagi Kejati Riau Tahan 2 Tersangka
Kejati Riau Gelandang Zulfikli Harun ke Rutan Sialang Bungkuk
Bupati Berikan Remisi untuk 187 Napi di Siak
Kemenkumham Riau Musnahkan 662 Ponsel Napi
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.