find us on : 
bank riau
Halaman Khusus Kepulauan Meranti

Bokor World Music Bakal Tampil di Kepulauan Meranti


Selasa, 27 September 2016 | 23:27:40 | view: 411
Bokor Musik Festival
Selatpanjang, Oketimes.com - Helat Desa Bokor Kecamatan Rangsangbarat, Kepulauan Meranti, Riau kembali akan menggelar iven musik berskala internasional. Iven yang digelar Bulan November 2016 itu akan diisi oleh beberapa grup musik dalam dan luar negeri.

Ketua Sanggar Bathin Galang Sopandi Rozalia SSos, mengatakan saat ini sudah ada sekitar 30 grup musik baik dari dalam maupun luar negeri yang mereka hubungi. Keseluruhan grup musik itu menyatakan kesiapannya untuk berpartisipasi dalam perhelatan berskala internasional kedua itu.

"Kita sudah berkomunikasi dengan beberapa grup musik dari dalam dan luar negeri," kata Sopandi, dalam pers rilisnya Selasa (27/9/2016).

Dalam perhelatan musik berskala internasional yang akan digelar tanggal 14 hingga 16 November 2016 itu, grup musik dari Indonesia berasal dari Aceh hingga Papua. Sementara dari luar negeri yang menyatakan kesiapannya ada dari Malaysia, Inggris, Prancis, Maroko, Rumania, dan Afrika Selatan.

"Kita sudah melayangkan surat undangan ke mereka. Tinggal diseleksi oleh tim kurator nantinya," ujar Sopandi lagi.

Dijelaskan Sopandi juga, Bokor World Music ini merupakan iven musik di Riau kedua kalinya digelar. Kemarin mereka telah sukses melaksanakannya pada tahun 2015.

Pelaksanaan Bokor World Music 2016 ini juga bakal didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau lewat Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf). Dukungan anggaran tersebut dimasukkan dalam mata anggaran APBD Perubahan Provinsi Riau dan menunggu persetujuan DPRD.

"Alhamdulilah Disparekraf telah menyatakan siap mensponsori Bokor World Music. Mudah-mudahan usulan dalam APBD perubahan itu disetujui dewan provinsi," kata Sopandi.

Menurutnya komunikasi bersama pihak provinsi memang sudah dilakukan sejak lama, dengan harapan ada dukungan finansial mengingat kondisi keuangan Kepulauan Meranti yang sangat minim.

"Kalau berharap dukungan anggaran dari Pemkab Meranti sangat susah untuk saat ini," ungkap Sopandi.

Untuk tahun 2016, Iven musik berskala internasional ini sengaja dibuat berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini panitia lebih mengedepankan kearifan lokal Desa Wisata Budaya Bokor. Seperti, "bele kampung" hingga permainan rakyat yang pernah memegang rekor MURI yaitu "lari di atas tual sagu".

"Ini sengaja kami buat agar kenangan para seniman selama di Bokor menjadi kado perbincangan saat mereka pulang ke tempat asal. Mudah-mudahan iven ini menjadi daya tarik agar banyak masyarakat berkunjung ke desa wisata budaya di Meranti," harap Sopandi.

Masih menurut Sopandi, Bokor World Music merupakan event music di Riau yang kedua kalinya diadakan, event musik ini dilaksanakan di Desa Wisata Budaya Bokor Kepulauan Meranti Propinsi Riau, dilaksanakan pada tanggal 14 s.d 16 November 2016 nantinya.

"Insya Allah sudah beberapa group sudah siap untuk datang ke Bokor World Music, hingga aceh sampailah ke Papua, dari malaysia hingga inggris, perancis, maroko, rumania dan afrika selatan, kita sudah melayangkan undangan ke mereka tinggal diseleksi oleh team kurator yang ditunjuk oleh pihak penyelenggaranya," sebut dia

Ditambahkan dia, event ini sengaja kami buat berbeda dengan world music di indonesia kami lebih mengedepankan kearifan lokal desa wisata budaya bokor untuk promosi wisata Riau, dari bele kampung hingga permainan rakyat yang pernah memegang rekor MURI.

Lomba lari diatas tual sagu, mengapa kami buat begitu agar kenangan mereka para seniman selama berada di Bokor menjadi kado perbincangan disaat mereka pulang ke tempat asal mereka, mudah mudahan event ini mendapat pemikat hati para penikmat seni, dan Desa Wisata Budaya Bokor menjadi bertambah daya tarik wisata, tutupnya.(azw)


BERITA TERKAIT:
Kapolda Riau Open House Bersama Jajaran
Polda Riau Bekuk Napi Provokator Kerusuhan Rutan Sialang Bungkuk yang Kabur
Kapolda Riau: Situasi Kondisi Kamtibmas dan Arus Mudik Aman dan Lancar
Pantau Arus Mudik, Kapolda Riau Cek Kesiapan Pos Pam di Perbatasan Riau-Sumbar
Kapolda Riau Ajak Masyarakat Pererat Hubungan Silaturahmi
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.