find us on : 
bank riau
Halaman Khusus Indragiri Hulu

Kapolres Perintahkan Kapolsek, Tutup Galian Kanal PT BBSI


Kamis, 24 Agustus 2017 | 17:52:47 | view: 217
ist
Kapolres Inhu, AKBP Arif Bastari, SiK, MH mencoba untuk menenangkan warga dalam aksi unjuk rasa yang digelar Rabu (23/8/2017) di aula Kantor Camat Rakitkulim Indragiri Hulu, Riau.
Oketimes.com - Rengat : Pasca aksi unjuk rasa ratusan masyarakat Desa Talangtujuh Buahtangga (TTBT) Kecamatan Rakitkulim pada Rabu 23 Agustus 2017 di kantor Camat Rakitkulim, Inhu, Riau, nyaris terjadi bentrok antara warga dengan pihak PT Bakitbatabuh Sungaiindah (PT BBSI).

Pasalnya, pada saat menejer Humas PT BBSI, Asri didampingi General Menejer PT BBSI, Raden memberikan ketengan dihadapan ratusan warga mengatakan, akses jalan keluar masuk masyarakat desa Talangtujuh Buahtangga digali (diputus) dengan galian selayaknya kanal itu merupakan antisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan tanaman industri (HTI).

Selain itu, menurut Asri bahwa, kepemilikan surat berupa Surat Keterangan Tanah (SKT) yang diterbitkan Kepala Desa Talangtujuh Buahtangga dan yang diketahui Camat Rakitkilim, dijadikan pedoman warga sebagai bukti kepemilkan lahan merupakan hal yang illegal, terbukti setelah dikonfrontirnya di PN Rengat belum lama ini.

Asri juga menegaskan bahwa, lahan yang ditanami sawit oleh masyarakat TTBT adalah masuk ke dalam areal konsesi perijinan seluas 13 ribu hektar yang dikuasai PT BBSI. Dengan demikian, meski warga menanaminya dengan kelapa sawit, namun pihak perusahaan tetap menanaminya dengan kayu akasia di lahan yang sama.

Aksi kemarahan warga sempat membuat repot aparat keamanan dalam hal ini jajaran Polres Inhu yang dipimpin langsung oleh Kapolres Inhu, AKBP Arif Bastari, SiK, MH, dan polisi berhasil mengamankan warga untuk tidak terjadi kerusuhan yang melebar.
       
Tampak Kabag Ops, Kompol Frangky, SH, Kapolsek Kelayang, AKP Buha Siahaan, Kapolsek Airmolek, Kompol Dwi Komal, Kasat Sabhara, AKP Hendri, S.Sos dan puluhan anggota Polres Inhu berusaha membujuk warga agar dalam penyampaian aspirasi tidak melakukan keributan.
       
Hadir dalam penyampaian aspirasi warga TTBT itu, Kaban Kesbangpol, Adri Bahar,S.Sos yang juga mewakili Bupati Inhu, Yopi Arianto, dari BPN Kab Inhu dihadiri Firmansyah, Camat Rakitkulim, Sugeng.
       
Aspirasi yang disampiakan warga melalui S Manurung, J Marbun dan T br Siahaan, meminta kepada Pemkab Inhu, Camat Rakitkulim, Kapolres Inhu agar akses jalan warga yang digali menjadi kanal oleh pihak perusahaan (PT BBSI) segera ditutup kembali, karena anak anak mereka tidak bisa bersekolah akibat galian kanal itu.
      
Selain itu, warga juga meminta agar lahan yang sudah ditanami kelapa sawit tidak diobrak abrik PT BBSI dengan memasukkan sejumlah alat berat, sedangkan tanaman sawit warga ludes dicabuti dengan alat berat oleh pihak perusahaan.
      
Usai penyampaian aspirasi di aula kantor camat Rakitkulim itu, ratusan warga membubarkan diri. Sementara Adri Bahar yang mewakili Bupati Inhu ini, Camat Rakitkulim, Sugeng, Kapolsek Kelayang, AKP Buha Siahaan, Kapolres Inhu, AKBP Arif Bastari, SiK, MH dan wartawan di ruang kerja Camat, memerintahkan kepada Kapolsek Kelayang Buha Siahaan dan mohon bantuan Camat Rakitkulim, Sugeng agar pada Kamis pagi (hari ini) segera menutup kembali galian kanal yang digali oleh pihak perusahaan.

Hal ini dilakukan, agar akses jalan masyarakat tidak terputus dan mengantisipasi untuk tidak terjadinya keributan yang melebar. Terlebih akses jalan itu digunakan warga untuk kepentingan pendidikan guna menuntut ilmu anak anak mereka, selain keluar masuknya hasil perkebunan warga tempatan.
       
"Saya perintahkan kepada Kapolsek dan mohon bantuan Camat Rakitkulim, agar besok pagi segera menutup kembali akses jalan yang sempat digali kanal oleh PT BBSI," kata Kapolres. (zp)


BERITA TERKAIT:
Polsek Mandau Ringkus Pelaku Pencurian Mobil Terios di Tambang Kampar
KUPT Puskesmas Kandis : Keterbatasan Bukan Alasan untuk Tidak Bekerja
Penyerahan SK CPNS, dari 219 Hanya 212 yang Diserahkan SK
Bupati Pelalawan Buka Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan di Lubuk Raja
Perkuat Koordinasi dan Sinergitas, Bupati Amril Silaturahim dengan Kapolda Riau
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.