find us on : 
bank riau
  • Home
  • Sosial
  • Penerima PKH di Rokan Hilir Dicurigai

Penerima PKH di Rokan Hilir Dicurigai


Minggu, 20 Agustus 2017 | 17:54:08
int
Ilustrasi, Warga Penerima Program Keluarga Harapan.
Oketimes.com, Rokan Hilir - Penerima Bantuan Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) yang disalurkan di Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir, Riau, diduga tidak tepat pasaran. Pasalnya penerima bantuan kebanyakan berasal dari kalangan menengah atas, bukan berasal dari Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) seperti yang diinginkan Pemerintah Pusat.

Informasi yang dihimpun di lapangan, ada sekitar 1000 KK RTSM telah mendapatkan bantuan yang tersebar di 7 Kepenghuluan/ kelurahan se kecamatan Palika Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

"Saya tidak mengerti, mengapa tahun 2017 jumlah penerima bantuan PKH bertambah banyak. Kenyataanya 35-40 persen penerima masyarakat kategori menengah atas semua. Datangnya data ini dari mana ya?," keluh Intan (36) yang menyayangkan bahwa bantuan yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Kemensos tidak tepat sasaran bahkan terkesan sia-sia karena pihak yang mendata diduga mendata masyarakat RTSM dari ‘atas kuda’.

Ketidakvalidnya data yang diusulkan oleh pihak terkait (Pendamping PKH), yang seharusnya mendata RTRM melalui proses pendataan yang melibatkan kerjasama mulai perangkat RT, RW, Kepenghuluan/ Kelurahan, Kecamatan, Dinsos Kabupaten hingga Provinsi hingga ke pusat mengakibatkan warga kategori tidak mampu makin bertambah jumlahnya.

"Kalau dibilang menggunakan data lama, kok kebanyakan penerimanya bertambah pula dari tahun sebelumnya kemudian kita lihat penerimanya rata-rata orang yang mampu," papar Intan sekaligus memperlihatkan data-data kongkrit penerima bantuan PKH Kecamatan Palika baru-baru ini kepada awak media ini.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada pihak-pihak yang berwenang mengurusi bantuan tersebut yang dapat dikonfirmasi, sementara masyarakat RTSM di Kecamatan Palika masih banyak yang belum kebagian dari Program Bantuan tunai tersebut. (hen)

BERITA TERKAIT:
Kapolda Riau Pimpin Sertijab 5 Kapolres dan Tiga Pejabat Tinggi Utama
Polsek Mandau Ringkus Pelaku Pencurian Mobil Terios di Tambang Kampar
Penyerahan SK CPNS, dari 219 Hanya 212 yang Diserahkan SK
Bupati Pelalawan Buka Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan di Lubuk Raja
Perkuat Koordinasi dan Sinergitas, Bupati Amril Silaturahim dengan Kapolda Riau
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.