find us on : 
bank riau
  • Home
  • Sosial
  • Semarak HUT RI Ke-72, Bupati Apresiasi Pawai Karnaval Siak 2017

Semarak HUT RI Ke-72, Bupati Apresiasi Pawai Karnaval Siak 2017


Kamis, 17 Agustus 2017 | 21:49:10
Diskominfopersantik siak for oketimes.com
Bupati Siak dan Wakil Bupati saat melampaikan tangan kepada peserta pawai karnaval tumpah ruah memadati pawai karnaval yang dipusatkan di depan RSUD Tengku Rafian Jalan Raja Kecik Kota Siak Sri Indrapura pada Rabu (16/08/2017) petang.
Siak, oketimes.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-72 tahun, ribuan peserta pawai karnaval tumpah ruah memadati pawai karnaval yang dipusatkan di depan RSUD Tengku Rafian Jalan Raja Kecik Kota Siak Sri Indrapura pada Rabu (16/08/2017) petang.

Tampak ribuan peserta karnaval memadati jalan raja kecik yang mengikuti festival pawai karnaval, ragam pakayan daerah se-nusantara menghiasai peserta pawai Karnaval tahun 2017 ini. Terlihat antusias masyarakat kota siak juga ucukup tinggi, ini terbukti ribuan masyarakat kota siak tumpah ruah turut menyaksikan disepanjang jalan raja kecik.

Bupati Siak H Syamsuar seusai melepas peserta karnaval didepan Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafian, mengapresiasi acara karnaval pada tahun ini. Apa lagi pada tahun ini pesertanya diikuti dari Sekolah Luar Biasa (SLB) yang turut ambil bagian untuk memeriahkan hari ulang tahun republik indonesia tahun 2017.

Menurutnya, Karnaval ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat generasi muda, terutama para pelajar akan lebih cinta dengan tanah air Indonesia. Terutama dalam rangka merekat persatuan dan kesatuan bangsa, menjaga jiwa patriotisme, dan nasionalisme yang di mulai pada anak-anak para pelajar siswa agar mereka senantiasa cinta tanah air.

"Hal seperti ini menurut saya nilainya sangat bermakna dalam rangka memelihara kesatuan dan kesatuan NKRI sekaligus anak-anak akan cinta pada bangsanya," ulas Syamsuar.

Sementara itu, Ketua panitia karnaval tahun 2017 yang sekaligus Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Siak Suprapto, menyebutkan tema pawai karnaval pada tahun 2017 ini adalah (ragam budaya nusantara) dipilihnya tema ini bertujuan, untuk mengenalkan ragam budaya kepada siswa/siswi mulai tingkat TK sampai dengan tingkat SLTA.

Dijelaskannya, peserta yang mengikuti pawai karnaval ini berasal dari siswa/siswi dua kecamatan, yaitu Kecamatan Siak dan Mempura dengan rincian jumlah sekolah yang ikut memeriahkan untuk TK RA dengan berjumlah 16, SD MI berjumlah 23, SMP/MTS berjumlah 9, SMA/MA berjumlah 5, dan SMK berjumlah 3.

"Total jumlah peserta pawai karnaval sebanyak 5600 peserta. Tahun ini festival karnaval diperlombakan dan pemenangnya akan memperoleh hadiah untuk juara 1,2,3 diberikan berupa tropi dan sertifikat," paparnya.

Sedangkan untuk ratusan peserta pawai karnaval yang melintasi didepan pentas Bupati lanjut Suprapto, salah satu pesertanya berasal dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Siak yang sempat mengharukan bagi masyarakat sekitar pentas dan para tamu undangan, terutama saat mendengarkan protokol membacakan sinopsis peserta SLB yang berbunyi.

"Dunia ABK (Anak berkemampuan khusus) adalah dunia yang amat menantang tetapi mulia, Menantang, karena masa depan tingkat kesulitan dan kekhususannya. MULIA, karena memuliakan manusia," sorak peserta karnaval tersebut yang disambut tepuk tangan para hadirin yang hadir dalam acara tersebut.

Selai itu, kehadiran mereka sering dilupakan, tidak diinggatkan kalaupun ingat sering tidak dicatat. Kalaupun dicatat sering mereka tidak diangap, Kalaupun diangap seting tidak dilayani tertatih-tatih memburu dalam kesempatan, mereka juga anak bangsa yang punya hak hidup, Belajar dan pelayanan.

Mendengar peryataan tersebut, sontak seluruh para undangan acara bertepuk tangan dan sang bupati terenyum gembira melihat begitu semangatnya para siswa SLB berjalan dan melintasi dihadapan undangan Bupati dan wakil bupati Siak.

Selain acara itu dihadiri Bupati Siak H Syamsuar, tampak hadir Wakil Bupati Siak H Alfedri, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan dan pimpinan OPD Siak lainnya.

Rombongan pawai karnaval peserta pawainya berhakir didepan Mesjid Al-Fatah di Jalan Sutomo, sedangkan untuk peserta tingkat TK dan SD sedangkan peserta tingkat SMP dan SMA sederajat akan berhakir di Turap Pasar Siak. Direncanakan pada tahun depan, setiap kecamatan akan di utus untuk mengirimkan peserta pawai karnavalnya. (rub/man)


BERITA TERKAIT:
Bareskrim Polri Tinjau Kapal Pengangkut Miras Ilegal di Meranti
Selain Curi Mobil, Iwan Codet Akui Curi Brankas Milik Perusahaan
Kapolda Riau Pimpin Sertijab 5 Kapolres dan Tiga Pejabat Tinggi Utama
Hadiri ARF HDUCIM, Unhan Menuju World Class Defense University
OTK Titip Tas Kerumah Warga, Dibuka Isinya Senpi FN
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.