find us on : 
bank riau
  • Home
  • Sosial
  • Kwarcab 09 Siak Buka KMD Pembina Pramuka 2017 di Dayun

Kwarcab 09 Siak Buka KMD Pembina Pramuka 2017 di Dayun

Laporan : Sulaiman

Minggu, 19 Maret 2017 | 22:20:39
hms pemkab siak for oketimes.com
Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 09 Pramuka Kabupaten Siak yang juga Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri mSI berfose bersama dengan Pembina Pramuka Kwtir 05 Dayun pada Sabtu (18/03/2017) di Aula Kampung Sialang Sakti Kacamatan Dayun, Kabupaten Siak.
Siak, oketimes.com - Kwartir Ranting (Kwaran) 05 Dayun gelar kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi pembina pramuka se-Kecamatan Dayun, kegiatan ini langsung dibuka Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 09 Pramuka Kabupaten Siak yang juga Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri M.Si, Sabtu (18/03/2017) di Aula Kampung Sialang Sakti, Kacamatan Dayun, Kabupaten Siak.

Turut hadir sekretaris kwarcab 09 Siak Kadri Yafis, Anggota DPRD Kab Siak Toha, Camat Dayun, I Wayan W Wiratama, Sekcama Dayun, Zannaky, Penghulu Sialang Sakti, Iswanto M Alim, Penghulu Sawit Permai, Sadikun dan para undangan.

Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri M Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemkab Siak selaku Kamabicab dan Kwarcab menyambut baik dengan dilaksanakannya oleh Kwaran 05 Kecamatan Dayun yang disampaikan oleh Ka UPTD Kecamatan Dayun Sugianto.

Dimana pesertanya merupakan seluruh guru se Kecamatan Dayun dan yang pertama kali dilakukan di Kabupaten Siak yang menuntaskan seluruh guru menjadi pembina pramuka yang bersetifikat KMD berjumla 265 orang.

Alfedri menjelaskan bahwa kegiatan tersebut meruapakan tindak lanjut peraturan menteri kemendikbud No 81 A Tahun 2013 tentang implementasi kurikulum yang menyebutkan bahwa kepramukaan ditetapkan sebagai kegiatan ekstrakulikuler wajib di pendidikan dasar dan menengah.

Para pembina pramuka seyogyanya harus mengikuti kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) yang dilaksanakan setiap kwaran Pramuka se Kabupaten Siak untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi dasar anggota Pramuka khususnya para pembina. Karena pembina yang mahir adalah tonggak kesuksesan generasi muda.

"Saya menghimbau mari kita sama-sama menggali potensi dan raih prestasi, bagaimana kita meningkatkan kapasitas sumber daya aparatur pembina pramuka untuk meningkatkan metode-motede dan sistem pola pengasuhan digerakan satuan pangkalan masing-masing gugus depan. Sehingga kita bisa mengantarkan anak-anak didik kita baik dari usia siaga penggalan, dan penegak menjadi kader penerus generasi bangsa yang berkarakter beriman dan bertaqwa," ujar Wabup Siak.

Lebih Lanjut Alfedri menambahkan, gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal akan melengkapi pendidikan informasl yang diperoleh anak-anak dalam keluarga, dan pendidikan formasl di sekolah.

"Hal ini mengingat pendidikan formal saja tidaklah cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter. Sedangkan peranan keluarga sebagai pelaku pendidik informal yang dilakukan orang tua dalam membentuk karakter anak-anak sangatlah penting," terang Alfedri.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan KMD Kwaran 05 Kecamatan Dayun, Drs. Sugiarto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama tujuh hari mulai tanggal 18-25 Maret 2017, mengingat banyaknya peserta rata-rata dari kalangan guru-guru. Kegiatan dilaksanakan di Kampung Sialang Sakti, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 265 orang yang berasal dari unsur sekolah.

"Diharapkan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, sehingga dapat meningkatkan kompetensi para pembina pramuka khususnya yang ada di wilayah Kwaran 05 Kecamatan Dayun. Dengan meningkatnya kompetensi dasar para pembina tentunya akan berkontribusi positif terhadap kualitas anggota pramuka binaannya," jelas Sugiarto.

Lebih jauah Ketua Kwaran 05 Kecamatan Dayun Drs. Sugiarto menjelaskan bahwa tujuan kegiatan KMD adalah untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan dan keterampilan peserta sebagai pembina pramuka dan dalam mengembangkan kepramukaan ditempat masing-masing. Memberikan bekal dan pengetahuan pengalaman praktis membina pramuka di tempat masing-masing.

"Dari kegiatan ini diharapkan peserta dapat diimplementasikan diwujudkan dalam bentuk yang kongkret sesuai batas kemampuan yang ada dan juga menjadi pembina pramuka yang memiliki kwalifikasi sebagai pembina pramuka Profesional", ujarnya.***           

BERITA TERKAIT:
Baznas Siak Ditribusikan Zakat Tahap I di Kecamatan Pusako
Sekdakab Rohil Sebut Dana Hibah dan Bansos Sulit Terealisasi 2017
Forikan Siak Gandeng PT BSP Gelar Memasak Berbahan Ikan
Hardiknas 2017, Sembilan Tenaga Didik Berprestasi di Kampar Akan Terima Jatah Umroh
Wakil Bupati Siak Hadiri Rakernas Jaringan Kota Pusaka di Bali
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.