find us on : 
bank riau
  • Home
  • Senibudpar
  • Pemkab Inhil Kembali Gelar Menongkah Hetirage 2017 di Pantai Bidari

Pemkab Inhil Kembali Gelar Menongkah Hetirage 2017 di Pantai Bidari


Senin, 14 Agustus 2017 | 22:30:37
Diskominfopersantik Inhil
Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Indragiri Hilir tidak henti-hentinya mempromosikan iven wisata yang ada di Kabupaten Indgiri Hilir. Hal ini ditandai dengan digelarmya kembali Iven Menongkah Heritage, pada Sabtu (12/8/2017).
Tembilan, Oketimes.com - Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Indragiri Hilir tidak henti-hentinya mempromosikan iven wisata yang ada di Kabupaten Indgiri Hilir. Hal ini ditandai dengan digelarmya kembali Iven Menongkah Heritage, pada Sabtu (12/8/2017).

Kegiatan dipusatkan di Pantai Bidari Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, yang merupakan kawasan destinasi Ekowisata pesisir sejak tahun 2010.

Festival menongkah tahun ini mengusung tema "Lestarikan Budaya Menongkah Sebagai Ikon Budaya Daerah Kabupaten Indragiri Hilir". Merupakan Iven yang rutin dilaksanakan setiap tahun yang bertujuan memperkenalkan kepada dunia luar bahwa etnis Duanu juga memiliki kebudayaan yang menunjukkan bahwa mereka memiliki semangat juang yang tinggi dan memperkaya khasanah budaya di Inhil.

Kepala Dinas Pariwisata provinsi Riau Fahmizal Usman, melalui kepala bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata, Hj Yulisma mengatakan, kegiatan Festival Menongkah Heritage ini menampilkan aktraksi Menongkah, lomba merapah (berjalan di atas lumpur), lomba lompat lumpur, fenomena sampan Kajang, permainan titian lumpur dan peragaan aktivitas kesenian masyarakat Duano.

"Sejak tahun 2008, Festival Menongkah ini sudah dilaksanakan dan telah meraih rekor MURI dengan kategori menongkah peserta terbanyak dan Rekor mandi lumpur di atas papan tongkah dengan peserta terbanyak," kata Hj Yulisma saat menyaksikan iven tersebut di Pantai Bidari Desa Tanjung pasir, Sabtu (12/8/2017).

"Semoga dengan digelarnya Iven ini akan turut mendorong Riau menyapa dunia melalui iven Pariwisatanya, sekaligus memperkenalkan kepada khalayak luas kalau etnis Duanu juga memiliki kebudayaan yang menunjukan bahwa mereka memiliki semangat juang yang tinggi dan memperkaya khasanah budaya di Inhil," ujar Hj Yulisma.

Kegiatan Menongkah Heritage dibuka langsung oleh Bupati Inhil HM Wardan, turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Inhil.

Pada kesempatan tersebut Bupati Inhil memberikan bantuan berupa mesin (Robin) kepada masyarakat disana dan turut serta melakukan penebaran benih kerang di tepian pantai bidari. (Advetorial Disbudparpora)

BERITA TERKAIT:
Penyerahan SK CPNS, dari 219 Hanya 212 yang Diserahkan SK
BWI Siak Gelar Rapat Kordinasi dan Workshop Pengelolaan Wakaf Produktif
Kelola Limbah Sawit Jadi Energi Terbarukan, Asian Agri Raih Penghargaan Anugerah Energi Lestari 2017
Hari Ini Bupati Amril Bakal Serahkan 219 SK CPNS
Soal RAPBD-P 2017, Bupati Siak Berikan Jawaban Pandangan Umum Fraksi Dewan
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.