find us on : 
bank riau
  • Home
  • Peristiwa
  • Nelayan Bengkalis Temukan Tempayan Kuno setinggi 1 Meter

Nelayan Bengkalis Temukan Tempayan Kuno setinggi 1 Meter


Rabu, 16 Agustus 2017 | 17:05:25
ist
Tempayan Kuno yang ditemukan Nelayan Cikmasayu saat tengah mencari koin emas di sungai Bengkalis, Riau.
Bengkalis, Oketimes.com - Warga Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Bengkalis provinsi Riau, mendadak dikagetkan dengan adanya penemuan barang antik berupa sebuah tempayan kuno yang ditemukan oleh nelayan Cikmasayu. Para nelayan, saat itu tengah mencari koin emas di sungai Bengkalis, Riau.

Adalah Zul (50) bersama Rusli (50) warga Rimba Sekampung yang hendak mencari koin emas di sungai Bengkalis. Saat menyelam, tangannya berulang kali membentur benda keras. Lantaran penasaran, para nelayan kemudian mencoba menyelam menggali lokasi benda keras tersebut menggunakan tangan.

"Mereka kemudian diminta untuk menggali terus. Ternyata ada lingkaran. Kemudian penggalian itu diteruskan, dan ternyata ada gaco atau tempayan,” ungkap pada awak media, Rabu (16/08/2017).

Menurut Zul, tempayan tersebut saat diukur memiliki tinggi 1 meter. Ada sedikit kerusakan di bibir tempayan dan retak. Kemudian barang tersebut diangkat dan diletakkan di halaman rumah, tak jauh dari posisi ditemukan pertama kali.

Tak hanya menemukan tempayan berukuran besar, nelayan juga menemukan koin uang kuno. "Ketika saya tanya, ke mbah saya, ternyata dia gak tahu juga mengenai barang itu," ungkapnya.

Penemuan tempayan itu, mengundang animo masyarakat sekitar. Mereka berbondong-bondong datang untuk melihat barang antik tersebut.

"Ya, mereka penasaran, makanya kesini ingin melihat benda antik tersebut," kata Rusli. (ptr)


BERITA TERKAIT:
Perkuat Koordinasi dan Sinergitas, Bupati Amril Silaturahim dengan Kapolda Riau
Miliki 3 Paket Sabu, Pemuda Solapan Ditangkap
Ditinggal Pergi, Satu Unit Rumah Bulatan di Muara Lembu Ludes Terbakar
Hari Ini Bupati Amril Bakal Serahkan 219 SK CPNS
Abdul Kadir Resmi Jabat Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.