find us on : 
bank riau
  • Home
  • Peristiwa
  • Aksi Damai Masyarakat Teluk Binjai Ke PT SAU Bentrok

Aksi Damai Masyarakat Teluk Binjai Ke PT SAU Bentrok


Kamis, 18 Mei 2017 | 19:39:30
is
Ratusan warga masyarakat Desa Teluk Binjai Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, Riau menggelar aksi damai di Pos Security areal konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Selaras Abadi Utama (SAU), anak perusahaan RAPP Group yang berada di Desa Petodaan Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, Kamis (18/5/2017) pagi.
Teluk Binjai-Pelalawan, Oketimes.com - Ratusan warga masyarakat Desa Teluk Binjai Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, Riau menggelar  aksi damai di Pos Security areal konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Selaras Abadi Utama (SAU), anak perusahaan RAPP Group yang berada di Desa Petodaan Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, Kamis (18/5/2017) pagi.

Warga menuding, PT SAU telah melanggar kesepatan yang telah dibuat bersama pada April 2017 lalu, dan menuntut PT SAU berhenti memanen akasia serta mengeluarkan 39 unit alat berat yang terus beroperasi di areal Desa Teluk Binjai.

Namun aksi damai tersebut, berujung pada tindakan brutal, dipicu oleh tindakan security PT SAU yang menyemprotkan sejenis cairan ke arah pengunjuk rasa yang menyebabkan 6 orang warga masyarakat mengalami cedera mata dan kesakitan.

"Awalnya aksi berjalan damai dan tertib, security perusahaan berusaha membubarkan massa yang berjumlah sekitar 250 orang tersebut. Maka terjadi aksi saling dorong. Situasi mulai memanas, security pun memukul massa dengan pentungan. Kalah jumlah, securiti kemudian mengeluarkan sejenis cairan yang disemprotkan ke arah massa pendemo," beber Bahari Koordinator Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) kecamatan Teluk Meranti kabupaten Pelalawan, Riau.

Menurut Bahari, tuntutan masyarakat Desa Teluk Binjai, agar PT SAU merealisasiakan kesepakatan tentang fee kayu dan pengukuran ulang areal konsesi yang hingga kini belum ada kejelasan, tukasnya. (rls)

BERITA TERKAIT:
Ratusan Taksi Konvensional Geruduk Kantor DPRD Pekanbaru
Kecewa, Warga Duduki 56 Hektar Lahan Kebun PT Tasma Puja
Wakil Bupati Siak Resmikan Kantor PT Persi Perwakilan Perawang
Lagi, Polisi Temukan Narkoba di Rumah Kontrakan Briptu TH
KPK Periksa Enam Saksi Korupsi Proyek MY Bengkalis di SPN Pekanbaru
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.