find us on : 
bank riau

Bukan 200, Ditjen Lapas Akui 448 Napi yang Kabur

Kabid Humas Polda Riau: Pengamanan dan Kewaspadaan Ditingkatkan

Sabtu, 6 Mei 2017 | 20:09:31
jpnn
Berupaya Kabur: Seorang tahanan masih berupaya kabur dengan cara memanjat tembok yang dipaggari kawat duri di Rutan Kelas II B Pekanbaru, meski tim gabungan Polda Riau dan TNI tengah didatangkan untuk melakukan pengamanan di Rutan Sialanga Bungkuk Pekanbaru, Jumat (5/5/2017) sore.
Pekanbaru, oketimes.com - Dirjen Lapas Kemenkum HAM RI bersama Kepolisian Daerah Polda Riau akhirnya mengungkap bahwa peristiwa kaburnya Napi dari Rutan Kelas IIB Sialang Bungkuk, Pekanbaru pada Jumat (5/5/2017 siang kemarin, berjumlah 448 tahanan bukan 200-an.

"Dari hasil pendataan yang sudah dilakukan pihak rutan. Kemenkum HAM baru saja menyampaikan bahwa jumlah tahanan yang kabur sebanyak ada sebanyak 448 orang. Artinya, masih ada sekira 200 lebih tahanan masih berada di luar," ungkap Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo pada Wartawan saat ditemui di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru, Sabtu 6 Mei 2017 siang.

Dikatakan Guntur, data tersebut merupakan hasil dari pendatan yang dilakukan pihak rutan sendiri kepada pihaka kepolisian, sehingga pihaknya bersama tim gabungan yang ada harus lebih meningkatkan pengamanan dan mengimbau masyarkat tetap mewaspadai gerak-gerik yang mencurigai kepada para napi yang saat ini belum diamankan dan berkeliaran.  

Selain itu, pihaknya juga tengah mengantisipasi situasi keamanan di Pekanbaru, Polda Riau dan Polresta Pekanbaru dibantu TNI tetap menyiagakan personel untuk mencari dan memburu tahanan lainnya.

"Upaya pencarian terus kami optimalkan. Koordinasi juga kami tingkatkan, terutama lokasi-lokasi yang dicurigai sebagai tempat pelarian dan persembunyian para tahanan," ujarnya.
 
Saat ini, sambung Aryo, sebanyak 500 personel dikerahkan di Kota Pekanbaru untuk melakukan patroli di berbagai lokasi. Selain menggunakan kendaraan roda empat, personel kepolisian juga berpatroli menggunakan roda dua.

Untuk membantu upaya polisi, Polda Riau mengimbau masyarakat Pekanbaru agar melaporkan bila melihat ada orang asing atau orang-orang yang mencurigakan masuk ke lingkungan perumahan.

"Laporkan segera ke personel kami, baik di tingkat Babinkamtibmas, Polsek, maupun Polres agar segera ditindaklanjuti," ungkapnya. Hingga saat ini, tambah Aryo, sebanyak 216 tahanan kabur yang sudah ditangkap.

Mereka ditangkap di berbagai lokasi di Kota Pekanbaru. "Umumnya mereka ditangkap di wilayah hukum Kota Pekanbaru. Upaya pencarian terus kami lakukan," ujarnya. (ars)  

BERITA TERKAIT:
Wakapolda Salat Ied di SPN Pekanbaru
Polda Riau Bekuk Napi Provokator Kerusuhan Rutan Sialang Bungkuk yang Kabur
Bupati Amril: Waspada Penipuan Mengatasnamakan Ajudan Bupati
Diduga Kecelakaan Kerja, Teknisi Roller Coaster Transmart Pekanbaru Tewas
Panglima TNI Buka Bazar Ramadan 1438 H
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.