find us on : 
bank riau

Tumpahan CPO PT Naga Mas Cemari Perairan Dumai


Minggu, 26 Maret 2017 | 02:02:03
ist
Tercemar: Kawasan pelabuhan Dermaga B PT Pelindo Dumai, Riau, tercemar minyak Crude Palm Oil (CPO) yang tumpah dari fasilitas milik PT Naga Mas saat pelaksanaan loading muat ke kapal MT ARK Progress, Sabtu (25/3/2017) siang, sekitar pukul 11.42 WIB.
Dumai, oketimes.com - Kawasan pelabuhan Dermaga B PT Pelindo Dumai, Riau, tercemar minyak Crude Palm Oil (CPO) yang tumpah dari fasilitas milik PT Naga Mas saat pelaksanaan loading muat ke kapal MT ARK Progress, Sabtu (25/3/2017) siang, sekitar pukul 11.42 WIB.

Informasi yang dihimpun, kejadian bermula saat perusahaan PT Naga Mas melakukan pelaksanaan loading muat minyak CPO ke kapal MT ARK Progress berbendera India yang di mulai sejak hari Jumat (24/3/2017) malam, sekitar pukul 20.42 WIB dengan volume muat sebesar 4000 ton.

Saat itu, proses pelaksanaan loading muat dilakukan oleh penanggung jawab karyawan PT Naga Mas bernama oleh M Suhadi dan pada Sabtu (25/3/2017) pelaksaan loading minyak CPO ke kapal masih tetap dilanjutkan dengan penanggung jawab bernama Dedi dan Bambang.

Lalu, saat pelaksanaan loading muat akan berakhir, siang harinya sekitar pukul 11.42 WIB, pihak perusahaan PT Naga Mas kemudan melakukan pembersihan pipa hubung yang digunakan untuk penyaluran minyak CPO dari tangki ke kapal dengan melakukan penembakan tekanan angin ke dalam pipa.

Ketika angin bertekanan tinggi ditembakkan, pipa penghubung masih tersalur ke dalam tanki kapal. Namun kru dari kapal  MT ARK Progress tidak menutup lubang utama (main hole) yang berada di atas kapal.

Hal itu mengakibatkan minyak CPO yang berada di dalam tanki tampung kapal tersembur ke luar melalui lubang utama sehingga minyak CPO yang bersemburan itu jatuh ke laut dengan perkiraan lebih kurang 100 kg.

Atas kejadian itu, pihak PT.NAGA MAS melakukan upaya pembersihan minyak CPO yang tumpah mengarah ke laut dengan menggunakan kapal pompong milik nelayan berupa serok dan di kumpulkan ke dalam tonk besi. Upaya pembersihan tersebut berlangsung selama lebih kurang 3 jam.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo Sik MM saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut.

"Benar ada tumpahan minyak CPO saat proses muat dari tangki milik PT Naga Mas ke kapal MT ARK Progress berbendera India dan pihak perusahaan sudah melakukan pembersihan tumpahan tersebut dengan mengambil tumpahan menggunakan kapal pompong milik nelayan berupa serok yang di kumpulkan ke dalam tonk besi," ujarnya.

Menurutnya, kebocoran terjadi akibat kru kapal tidak menutup lubang utama (main hole) yang berada di atas kapal.

"Saat ini pihak Polres Dumai masih melakukan penyelidikan dengan memeriksa sejumlah saksi dan bukti-bukti dugaan adanya pelanggaran atau kelalaian," kata Guntur. ***/dam

BERITA TERKAIT:
Diterjang Gelombang, KM Sinar Berkah Karam di Perairan Kuala Igal Inhil
Masyarakat Desa Teluk Binjai Laporkan Tindakan Penganiayaan PT SAU ke Polisi
Massa Aliansi BEM Duduki Kantor DPRD Bukittinggi
Bakamla RI Kembangkan Humas Lewat Konsinyering Bangun Kepercayaan Publik
Aksi Damai Masyarakat Teluk Binjai Ke PT SAU Bentrok
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.