find us on : 
bank riau

Cekcok Soal Batas Lahan, Pak RT Tebas Leher Kades

Laporan : Daud Botak

Minggu, 5 Maret 2017 | 23:44:34
ist
Foto inset: Tersangka Bas (52) dan Bah (55) korban penganiayaan saat diautopsi medis di Rumah Sakit setempat, Sabtu (4/3/2017).
Indragiri Hilir, oketimes.com - Kepala Desa Sialang Jaya, Bah (55) menjadi korban pembunuhan yang dilakukan oleh Bas (52) mantan Ketua Rukun Tetangga (RT).

Peristiwa mengenaskan tersebut terjadi, Sabtu (4/3/2017) sekira pukul 09.00 Wib, di Parit Bujur Desa Sialang Jaya Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung SIK melalui Kapolsek Batang Tuaka membenarkan kejadian tersebut.

Berawal saat pelaku dan korban serta seorang lainnya yang bernama Misran pada Rabu (4/3/2017) sekira pukul 08.00 Wib, berangkat dari Desa Sialang Jaya menuju Parit Bujur, tempat kejadian perkara (TKP) dengan menggunakan sampan untuk menentukan batas tanah yang sudah dibeli Kades tersebut.

Pelaku sengaja diajak korban, lantaran merupakan mantan Ketua RT untuk ikut membantu menentukan batas-batas tanah di lokasi tersebut.

Dalam perjalanan, terjadi perselisihan paham antara korban dengan pelaku, disebabkan korban mengatakan bahwa pelaku tidak lagi memiliki tanah karena sudah dijual, sedangkan pelaku bersikeras menyatakan masih memilikinya.

"Lantaran korban terus menerus mengatakan hal tersebut, pelaku menjadi kalap, dan parang yang memang sengaja dibawa untuk menebas rumput saat pengukuran, langsung ditebaskan pelaku ke arah leher korban sebelah kiri, segera sampan menjadi terbalik dan ketiga penumpangnya jatuh ke air," terang Kapolsek Batang Tuaka.

Misran yang mendayung sampan, lanjutnya lagi, langsung berenang meyelamatkan diri, sedangkan korban masih sempat berenang ke tepian dan memohon kepada pelaku untuk tidak dianiaya lagi.

Setelah itu, pelaku langsung meninggalkan korban di TKP dan kembali ke Desa Sialang Panjang untuk kemudian menyerahkan diri kepada Polsek Batang Tuaka.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami luka bacok di bagian leher sebelah kiri yang mengakibatkan korban meninggal dunia di TKP.

"Saat ini pelaku sudah diamankan di Polres Inhil untuk proses penyidikan lebih lanjut. Pelaku diancam dengan pasal 338 KUHP dengan ancaman 15 tahun penjara," tandasnya.***

BERITA TERKAIT:
Berdiri Sejak 1817, Masjid Tertua Belitung Terbuar dari Hutan Bakau
Warga Merempan Hulu Pertanyakan Lahan Sawit Program CPCL ke Pemkab Siak
Tanggapi Soal Bom Kampung Melayu, Sandiaga Uno Diprotes Warganet
Begini Cara Vega Darwanti Ajari Anak Puasa
Kapal Nelayan Tenggelam, Dua Warga Dumai Bertahan Hidup di Laut Lepas
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.