find us on : 
bank riau

Kadisdik: Zakat Frofesi Guru Bantu Siswa Kurang Mampu


Jumat, 18 Agustus 2017 | 20:30:15
ist
Usai menyerahkan zakat secara simbolis, Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal melakukan foto bersama dengan siswa penerima zakat di gedung serbaguna kantor Disdik Kota Pekanbaru, Jumat (18/08/2017).
Pekanbaru, Oketimes.com - Selain pembangunan infrastruktur, Pemko Pekanbaru terus memberi perhatian terhadap dunia pendidikan, terutama bagi siswa kurang mampu. Bagi siswa yang masuk kategori ini, Pemko melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru, menyalurkan bantuan berupa zakat profesi guru.

"Pemberikan zakat profesi guru, pengawas dan pegawai di lingkungan Disdik Pekanbaru ini ditujukan bagi anak kurang mampu. Mereka berhak mendapat bantuan agar mereka tetap bisa bersekolah," ucap Kepala Disdik Pekanbaru Drs H Abdul Jamal MPd sesaat sebelum menyerahkana zakat di depan ratusan siswa dan walimurid, Jumat (18/08/17).

Penyaluran zakat yang digelar di aula Disdik Pekanbaru itu, merupakan periode Juni-Juli tahun 2017. Jamal mengatakan, selain zakat pemerintah juga terus memberikan bantuan lain seperti pakaian seragam, alat tulis dan buku. Bahkan pemerintah saat ini telah memberikan bantuan melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

"Tujuannya agar siswa kurang mampu secara ekonomi dapat tetap bersekolah tanpa harus membayar," katanya.

Kepada guru, pengawas dan pegawai di lingkungan Disdik Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan disamping sebagai rukun Islam yang ketiga, zakat juga merupakan ibadah yang dapat dijadikan sebagai jalan seorang hamba untuk mendekatkan dirinya kepada sang khalik, ulasnya yang diamini Kabid SD Drs Darisman MPd.

Adapun zakat yang disalurkan Periode Juni-Juli 2017, ini sebesar Rp 324,195 juta kepada 387 penerima yakni siswa SD dan SMP. Sedangkan total zakat yang sudah disalurkan sejak Juli 2013 hingga saat ini sebesar Rp 8,596 miliar kepada 10.325 penerima. (fin)

BERITA TERKAIT:
Tidak Mampu Bayar Ambulans, IRT Ini Gendong Jenazah Anak Naik Angkot
OTK Titip Tas Kerumah Warga, Dibuka Isinya Senpi FN
Penyerahan SK CPNS, dari 219 Hanya 212 yang Diserahkan SK
Lagi, Pemkab Pelalawan Usulkan Pembangunan 100 Unit Bedah Rumah Bagi Warga Kurang Mampu
Bupati Pelalawan Minta BUMD Tingkatkan Kemampuan Daya Saing
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.