find us on : 
bank riau
  • Home
  • Pendidikan
  • Pj Bupati Kampar Sebut SDM Unggul Lahir dari Kompetisi

Pj Bupati Kampar Sebut SDM Unggul Lahir dari Kompetisi

Laporan : Syailan/Hasbi

Rabu, 1 Maret 2017 | 04:29:30
ist
Pj Bupati Kampar, Syahrial Abdi foto bersama peserta pendidikan dan pelatihan calon Kepala Sekolah Tahun 2017, di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Senin (27/02/2017).
Kampar, oketimes.com - Menghadapi era globalisasi saat ini, penyelenggara pendidikan mau tidak mau, harus masuk kedalam sebuah kondisi yang membutuhkan Sumber Daya Manusia yang handal menunjukkan keunggulan yang lahir dari kompetisi.

Dunia semakin berkembang, penduduk dunia semakin banyak, kebutuhan manusia akan informasi semakin luas, yang mau tidak mau dan suka tidak suka keterbatasan lapangan kerja, keterbatasan manusia akan kebutuhan informasi, hari ini sudah terbuka.

Siapa saja bisa mengakses apapun yang dahulu tidak bisa diakses, kata kuncinya adalah akses koneksivitas tersebut bisa diperoleh siapa saja sepanjang memiliki kemampuan untuk mengaksesnya.

"Tujuan kita menempuh dunia pendidikan, adalah menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Selain itu, dengan bertambah ilmu, maka kita dapat menghargai orang lain dan bukan untuk merendahkan orang lain, mari kita menjadi orang yang lebih baik lagi dimasa depan," kata Pj Bupati Kampar, Syahrial Abdi saat membuka Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Tahun 2017 Tingkat Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di lingkungan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Senin (27/02/2017).

Dikatakan, dalam  upaya meningkatkan kompetensi selalu ada upaya dari sebagian orang yang tidak akan senang dengan kemajuan Kampar kedepan. Diman dengan adanyan pengetahuan dan wawasan yang semakin luas bagi kepala sekolah, tentunya akan juga mempengaruhi mutu sekolah yang ada dibawah kepemimpinannya.

"Kita ketahui bersama, bahwa tugas pokok kepala sekolah antara lain, prosedur standar operasi (standard operation procedure) tugas kepala sekolah, serta proses dan pendekatan interpersonal dalam menjalankan tugas," ungkap Syahrial Abdi.

Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah. Tugas kepala sekolah yang kompleks tersebut tidak dapat dirumuskan seluruhnya kedalam suatu prosedur tugas kepala sekolah.

Standar minimal prosedur tugas kepala sekolah sebagai educator (pendidik) serta dapat memberikan pengaruh yang cukup besar kepada para peserta didik terutama dalam konteks belajar mengajar antara guru dan siswa, hal ini dikarenakan bahwa peran kepala sekolah sebagai educator dituntut untuk memberikan motivasi dan meningkatkan profesionalisme guru, papar Pj. Bupati Kampar.

Sementara itu, M Yasir Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar menyebutkan kegiatan tersebut dilakukan merupakan implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2010, tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Dimana jabatan kepala sekolah, bukanlah sebuah tujuan utama yang harus dicapai oleh seorang guru. 

Namun kepala sekolah merupakan guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah, sehingga menjadi tugas baru untuk dijalankan saat melaksanakan tugas sehari-hari dapat dilakukan secara ikhlas dan tanggungjawab, sehingga akan diperoleh hasil pendidikan yang bermutu bagi siswa dan sekolah.

Ditambahkannya, Kepala sekolah juga harus memiliki ekspektasi yang baik pada para siswanya, memberikan penguatan basic skill untuk anak didiknya, sehingga bisa berkembang dengan baik dalam profesi apapun, dan mampu menciptakan suasanan yang kondusif untuk para guru dan karyawan bekerja, serta menciptakan suasana yang nyaman untuk para siswa belajar. 

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memenuhi standar kompetensi pendidik, sehingga memiliki dimensi kepribadian, Kewirausahawan, manajerial, supervisi, dan sosial dalam mengelola sekolah, untuk peserta pelatihan tahun 2017 ini diikuti 83 peserta yang telah lulus seleksi akademik tahun 2016 lalu.

Saat ini ada 556 orang 207 kepsek yang telah memenuhi Standar Kompetensi pendidik dan sebanyak 349 orang yang belum memiliki Standar Kompetensi pendidik. Untuk nara sumber dari Tim Master Plan dari Kota Solo Provinsi Jawa Tengah diketuai oleh Yohanes Manggar.

Selanjutnya kata Yasir, acara Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Tahun 2017 Tingkat Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dilingkungan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar dimulai 27 Pebruari dan ditutup pada tanggal 6 Maret 2017 nanti.***

BERITA TERKAIT:
Polda Riau Terima Bantuan Alat Pencegah Karhutla Hibah RAPP & Sinar Mas
Polda Riau & Korem 031/WB Gelar Salat Subuh Berjemaah
2018, APBDS Kampar Rp 2 Triliun
Bupati Pimpin Persiapan Cabor Siak di Porprov Riau 2017 Kampar
Bupati Siak Minta OPD Berinovasi Bekerja dan Tidak Boros Anggaran
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.