find us on : 
bank riau
  • Home
  • Pendidikan
  • Pj Bupati Kampar: STIE Bangkinang Mampu Jawab tantangan Dunia Kerja

Pj Bupati Kampar: STIE Bangkinang Mampu Jawab tantangan Dunia Kerja

Laporan : Syailan/Hasbi

Selasa, 14 Februari 2017 | 01:38:59
ist
Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi ketika menghadiri acara Wisuda Sarjana Angkatan XIII, Dan Dies Natalis Ke-17 Sekolah Tinggi Ekonomi (Stie) di halaman Kampus STIE Bangkinang, (13/02/17).
Bangkinang, oketimes.com - Pendidikan dan kompetensi saat ini sangat dibutuhkan, karena berada di dunia global yang luar biasa pesatnya. Dahsyatnya persaingan di dunia kerja terutama Indonesia menjadi incaran dunia, karena sumber daya dan sumber energinya yang semua ada di Indonesia dan terutama ada di kabupaten Kampar.

Rasa bangga orang terdahulu untuk menjadikan Kampar sebagai pusat pendidikan, akan segera terwujud dengan semakin tumbuhnya lembaga pendidikan di Kampar satu persatu sudah sampai ke puncaknya dengan ter Akreditasinya STIE Bangkinang.

"Ditengah upaya kita meningkatkan kompetensi selalu ada upaya dari sebagian orang yang tidak akan senang dengan kemajuan Kampar ke depannya." Demikian dikatakan Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi ketika menghadiri acara Wisuda Sarjana Angkatan XIII, Dan Dies Natalis Ke-17 Sekolah Tinggi Ekonomi (Stie) di halaman Kampus STIE Bangkinang, (13/02/17).

Harapan kedepan jika bertambah wawasan dan semakin luas ilmu pengetahuan, maka akan semakin sedikit menyalahkan orang lain. "Tujuan kita menempuh dunia pendidikan, adalah untuk kita menambah wawasan dan ilmu pengetahuan selain dengan kita bertambah ilmu maka kita dapat menghargai orang lain dan bukan untuk merendahkan org lain , mari kita menjadi orang yang lebih baik lagi dimasa depan," ujar Syahrial Abdi.

Syahrial Abdi menambahkan bahwa acara wisuda ini juga telah melaksanakan salah satu visi pendidikan Republik Indonesia yakni terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

Pj Bupati juga mengatakan dengan adanya pendidikan, maka akan timbul dalam diri seseorang untuk berlomba-lomba dan memotivasi diri untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Karean pendidikan menurutnya salah satu syarat untuk lebih memajukan sumber daya manusia. pada intinya pendidikan itu bertujuan untuk membentuk karakter seseorang yang beriman dan bertakwa kepada maha pencipta.
 
"Saat ini kita dihadapkan dengan dimulainya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Setiap negara anggota Asean harus meleburkan batas teritori dalam sebuah pasar bebas.  MEA menyatukan pasar setiap negara dalam kawasan menjadi pasar  tunggal.  ini merupakan tantangan dan peluang bagi sarjana-sarjana yang diwisuda pada saat ini, karena dampak positif mea pada sisi tenaga kerja serta investasi kondisi  dapat menciptakan iklim yang mendukung masuknya foreign direct investment (fdi) yang dapat menstimulus pertumbuhan ekonomi melalui perkembangan teknologi, penciptaan lapangan kerja, pengembangan sumber daya manusia (human capital) dan akses yang lebih mudah kepada pasar dunia," pungkas Syahrial Abdi.

Sementara itu Ketua STIE Bangkinang Ir. H. Zamhir Basem, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam rangka memberikan pandangan umum kepada para wisudawan dan wisudawati tentang situasi yang komprehensif serta situasinyang berpengaruh terhadap masyarakat yang  berjudul  Pemerataan Pendapatan merupakan perwujudan Demokrasi Ekonomi. Perguruan tinggi swasta berjumlah 3324 sedangkan untuk perguruan tinggi negeri yang berjumlah 97 STIE Bnagkinang saat ini menempati urutan ke 543.

Selanjutnya Zamhir Basem menambahkan urutan 543 ini baru dalam kategori Akreditas B untuk Institusi, sedangkan untuk di Provinsi Riau Akreditas B hanya ada 8 Universitas atau Institusi dari 127 Universitas. Jurusan yang ada di STIE Bangkinang siap mengisi posisi dunia pekerjaan dimanapun ditempatkan karena Akreditasi tadi yang menentukan, ucap Zamhir Basem.

Bangkinang merupakan Kota Kecil tetapi mampu bersaing, karena STIE bukan milik pribadi tetapi milik masyarakat Kabupaten Kampar, Dirinya juga mengharapkan seluruh masyarkat untuk bersama-sama membesarkan STIE agar tidak tertinggal dengan Perguruan lainnya. Karena Kualitas yang menentukan,  ujar Zamhir Basem. 

Diakhir sambutannya Zamhir Basem menjelaskan untuk Wisuda Sarjana Angkatan XIII, Dan Dies Natalis Ke-17 tahun 2017 sebanyak 135 orang dalam dua jurusan yakni jurusan Ilmu Ekonomi dan jurusan Ilmu Akutansi dan diharapkan Wisudawan-wisudawati dapat berkiprah memberikan buah pikirannya dalam menunjang proses pembangunan di kabupaten kampar dan di provinsi riau ke depan, pungkasnya.***

BERITA TERKAIT:
Bupati Rohul Buka Pekan Panutan PBB-P2 dan Penyerahan SPPT PBB-P2
Jembatan Rubuh, Aktivitas Warga Desa Kampar Tersendat
Pengesahan Tiga Ranperda, Bupati Amril Apresiasi Pandangan Umum Fraksi Dewan
Warga Kelayang Kesali Oknum Camat Bejat Belum Diganti Yopi
Ajak Warga Jaga NKRI, Bupati Siak Hadiri Halal Bi Halal Nahdhin NU
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.