find us on : 
bank riau

Bupati Syamsuar Sambut Kunker Setjen Wantanas RI ke Siak


Rabu, 12 Juli 2017 | 18:13:44
hms pemkab siak for oketimes.com
Bupati Syamsuar menyerahkan lukisan pahlawan nasional Sultan Syarif Kasyim II kepada Ketua rombongan Wantanas RI Brigjen TNI Abdul Hakim di ruang pertemuan Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, Rabu (12/7/2017) pagi.
Siak, Oketimes.com - Bupati Siak Syamsuar membuka pertemuan kunjungan kerja Setjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) RI di ruang pertemuan Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, Rabu (12/7/2017) pagi.

Dalam pertemuan itu, Bupati Siak mempresentasikan tentang pengelolaan sumber daya alam dan pemanfaatan hutan yang ada di Kabupaten Siak.

Menutrtnya Kabupaten Siak adalah daerah pemekaran dari Kabupaten Bengkalis yang meliputi Kawasan Hutan Tanaman Industri, Tahura (Taman Hutan Rakyat), Kawasan Hutan Lindung,  Hutan Konservasi dengan 45% lahan dominan gambut.

Bupati menambahkan, berbagai potensi lain juga dimiliki oleh kabupaten Siak diantaranya sektor Migas, Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan.

Di sisi lain sambung Syamsura, berbagai permasalahan juga diahadapi Pemerintah Kabupaten Siak terkait pengelolaan sumber daya alam. Diantaranya kebijakan tentang bidang Pertambangan dari pemerintah pusat dan provinsi, hal ini juga memunculkan belum efektifnya tentang kewenangan dibidang hutan yang berada di pihak provinsi.

Masih kata Syamsuar, Kabupaten Siak merupakan daerah yang rawan terjadi karhutla namun kebijakan peraturan penanganannya berada di tingkat pusat dan provinsi, sehingga kondisi ini membuat daerah mengalami keterbatasan dalam penanganan kebakaran hutan lahan dan beberapa persoalan lainya.

Implementasi Kementrian lingkungan hidup dan kehutanan dalam restorasi ekosistem lahan gambut berpengaruh terhadap masyarakat, karena banyak masyarakat yang bergantung perekonomiannya di bidang perkebunan kelapa sawit. Namun saat ini pemerintah daerah mulai mensosialisasikan berbagai tanaman yang bisa memberikan keuntungan dibidang pertanian.

Kebijakan yang telah dilaksanakan oleh kabupaten Siak sebagai kabupaten hijau menjalin berbagai kerja sama dengan pihak lain diantaranya pihak BPBD, TNI, Polri dan juga masyarakat peduli api sebagai wujud kerjasama agar tercapai Siak bebas karhutla.

Menyikap hal itu, Setjen Wantanas RI Birgjen TNI TNI Moh Hatta Umar Ruka menyatakan bahwa pihaknya akan merumuskan kebijakan dan strategi nasional, dalam rangka pembinaaan ketahanan nasional dan menjamin pencapaian tujuan kepentingan nasional membawahi 14 kementrian dan melaporkannya langsung kepada Presiden RI.

Menurutnya Wantanas juga memiliki tugas penting, agar setiap warga negara memiliki semangat bela negara dan memperkuat ketahanan nasional.

Dalam pertemuan ini juga dibuka sesi diskusi dan tanya jawab dari seluruh unsur vertikal dari lintas forkopimda dan sejumlah perwakilan OPD dilingkup kerja pemerintah daerah kabupaten Siak.

Menurut jadwal, usai pertemuan dengan pemerintah kabupaten Siak, rombongan Wantannas bergerak meninjau perusahaan kertas yang ada di kecamatan Tualang Perawang Siak.

Pada pertemuan tersebut turut hadir unsur Forkopimda Siak, Asisten III Jamaluddin, dan sejumlah pimpinan organisasi pemerintah daerah (OPD). (rub)


BERITA TERKAIT:
Ini Poster Terbaru Black Panther Pameran SDCC 2017
Jadi Tuan Rumah, Bengkalis Siap Sukseskan Harganas Tingkat Provinsi Riau
APBD Riau Dinilai Boros, Fitra Layangkan Gugatan ke MA
ABK Hilang di Perairan Sungai Indragiri
Gemarin Siak Sosialisasi Gerakan Makan Ikan
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.