find us on : 
bank riau

Riau Butuh Gaya dan Pola Kepemimpinan Rusli Zainal Masa Kini


Sabtu, 6 Mei 2017 | 16:23:29
ist
HM Rusli Zainal, Mantan Gubernur Riau 2 Periode 2003-2008 dan 2008-2013.
Pekanbaru, oketimes.com - Melirik gaya dan pola kepemimpinan kepala daerah selama beberapa tahun terakhir ini, dinilai sebagian masyarakat Riau masih merindukan gaya kepemimpinan semasa pucuk pimpinan diamanahkan kepada mantan Gubernur Riau HM Rusli Zainal dua periode 2003-2008 dan 2008-2013 lalu.

Hal ini terbukti, selama beberapa tahun terakhir ini, kemajuan pembangunan dan perekonomian masyarakat, seakan berdiri sendiri dan tidak ada kemajuan yang signifikan dirasakan masyarakat Riau, semasa tampuk kepemimpinan diamanahkan kepada pasangan Anas Maamun dan Andi Rachman pada periode 2014-2018 ini yang tengah jatuh ketangan Andi Rachman bersama Wan Thamrin dalam penghujung masa kepemimnannya pada tahun 2018 nanti.

"Ini yang menjadi perhatian masyarakat selama ini, pembangunan infrastruktur dan perekonomian masyarakat semakin terpuruk. Kemiskinan di daerah semakin parah. Sementara solusi atlernatif dari gaya kepemimpinan saat ini, seakan berjalan ditempat," ujar Ir Ganda Mora selaku aktivis Independen Pembawa Suara Korupsi, Kolusi, Kriminal Ekonomi (IPS-PK3) RI yang konsen menyeroti pembangunan Infrastruktur dan Perekonomian di Riau saat ditemui di Pekanbaru, Sabtu (6/5/2017).         

Disebutkannya, gaya dan pola kepeminpinan `sang visioner` Rusli Zainal lebih elegan dimata masyarakat selama kepemimpinannya berlangsung saat itu. Hal tersebut terbukti dan dirasakan oleh seluruh kalangan masyarakat Riau hingga kini..
 
Salah satunya lanjut Ganda, adalah program pengentasan kemiskinan, kebodohan dan Infrastruktur yang merata dirasakan di seluruh kabupaten kota di Riau. 

"Mulai dari pembangunan jalan dan jembatan, sekolah, puskesmas, dan peningkatan ekomomi masyarakat melalui program kebun rakyat dan peternakan semuanya benar-benar terlaksana, meskipun ada sebagian kecil persoalan yang sempat dihadapi," ulas Ganda.

Selain itu sambung Ganda Mora, gaya kepemimpinan HM Rusli Zainal dalam bidang politik dan hubungan pendekatan antara partai dan kalangan legislatif, mulai dari tingkat daerah dan nasional cukup diperhitungkan. Hal ini terbukti dengan diadakannya Mubes Pemilihan Ketum Umum Partai Golkar yang berlangsung pada tahun 2009 silam.

"Acara tersebut berjalan lancar dan penuh keharmonisan antara pengurus partai Golkar dan lainnya. Artinya tidak ada permasalahan yang menimbulkan konflik diinternal partainya dan partai lainnya," ungkap Ganda Mora.

Terlepas soal politik dan lainnya, Ganda Mora lebih mendambakan gaya dan kemimpinan yang sudah pernah dilakukan Rusli Zainal saat itu. Kepemimpinnya, dinilai cukup layak dan pantas diterima semua kalangan masyarakat Riau.  

"Beliau memang benar-benar visioner dan elegan, Untuk saat ini kita memutuhkan gaya dan pola kepeminannnya saat ini," ujarnya. (ars)


BERITA TERKAIT:
Mahasiswa Unilak Raih Juara Lomba Fotografi Tingkat Mahasiswa Riau
Bupati Siak dan Wakil, Ikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Angkatan ll 2017
SPSI Riau Pertanyakan Permen LHK 2017 untuk Ditinjau Ulang
Bupati Ajak Warga Jaga Kerukunan dan Situasi Harmonis Selama Ramadan
Satlantas Bukittinggi Jaring Puluhan Motor dan Pemuda Lakukan Balap Liar
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.