find us on : 
bank riau

Ada Wacana Pertukaran Nama Kabupaten Inhu Jadi Indragiri


Selasa, 29 Desember 2015 | 20:21:38
internet
Lambang Kabupaten Indrgairi Hulu.
Inhu, Oketimes.com - Pemkab Inhu berencana akan mengganti nama Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menjadi Kabupaten Indragiri, wacana ini juga telah disepakati bersama dengan tokoh masyarakat, sejarawan, anggota DPRD Inhu bahkan anggota DPD RI.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Setdakab Inhu, H Hendry Yasnur dikonfirmasi Senin (28/12/15) mengatakan, wacana penegembalian nama Kabupaten Indragiri telah dilakukan pada acara seminar-sehari dalam rangka menetapkan hari jadi Kabupaten Indragiri Hulu, Rabu (23/12/15) lalu. 
Dalam seminar itu, berdasarkan data sejarah serta berbagai usulan, ada empat poin penting yang menjadi keputusan serta menjadi bahan untuk nantinya direkomendasikan kepada pemerintah pusat, diantaranya mengusulkan untuk merubah nama Kabupaten Indragiri Hulu menjadi Kabupaten Indragiri.

"Kemudian menyepakati hari jadi Kabupaten Inhu dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 tahun 1956 dimana pada (19 Maret 1956) ditetapkan Kabupaten Indragiri menjadi kabupaten definitif," katanya.

Serta menindaklanjuti kesepakatan antara point pertama dan kedua sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan dalam penyusunan peraturan daerah (Perda) hari jadi Kabupaten Inhu akan mengakomodir keberadaan Bupati Inhu sebelum penetapan UU Nomor 12 tahun 1956.

"Seminar tersebut juga untuk menampung berbagai usulan serta masukan dari berbagai element masyarakat untuk penetapan hari jadi Kabupaten Indragiri Hulu,"ungkapnya.

Acara seminar itu, dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin, hadir dalam acara tersebut Anggota DPD RI Intsiawati Ayus, Wakil Ketua DPRD Inhu Adila Ansori, Plt Sekda Inhu Isdjarwadi, Pejabat dilingkungan Pemkab Inhu serta sejumlah tokoh masyarakat, narasumber dan sejarawan.

Menurut H Hendry, keputusan seminar tersebut selanjutnya akan disampaikan kepada DPRD Inhu, untuk ditelaah dan diterbitkan Peraturan Daerah (Perda). Secara bersamaan hasil seminar itu juga direkomendasikan kepada pemerintah pusat terkait dengan penetapan hari jadi Kabupaten Inhu.

"Empat poin kesepakatan bersama dalam seminar itu akan disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur Riau. Rekomendasi itu menerangkan bahwa wacana penetapan Hari Jadi Kabupaten Inhu telah diseminarkan," terangnya. (ali)


BERITA TERKAIT:
Rilis Koleksi Emoji Mirip Bunda Maria, Netizen Kecam Kim Kardashian
Serang Warga Pakai Senjata Kimia, Kanada Berikan Suriah Sanksi
Syamsuar Dikukuhkan Sebagai Kerabat Keraton Solo
Baznas Siak Ditribusikan Zakat Tahap I di Kecamatan Pusako
Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1438 H, Syamsuar Ajak Umat Muslim Tingkatkan Ketaqwaan
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.