find us on : 
bank riau

KPK Duga Suap Bupati Kukar Capai Rp 12 Miliar


Kamis, 28 September 2017 | 20:36:21
(Foto: Twitter: @ritawow_1973)
Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari
Oketimes.com - Jakarta : KPK menetapkan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rita Widyasari, sebagai tersangka kasus dugaan korupsi suap untuk memuluskan izin perkebunan serta gratifikasi. Rita diduga telah menerima suap, lebih dari Rp 12 miliar terkait dengan jabatannya sebagai bupati.

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, menyebutkan bahwa Rita diduga menerima suap dari Heri Susato Gun saat memberikan izin kepada PT Sawit Golden Prima (PT SGP) untuk membuka lahan kelapa sawit di Desa Kupang. Setelah menerbitkan izin beroperasi PT SGP, Rita diduga menerima Rp 6 miliar.
 
"HS (Dirut PT SGP) memberikan sejumlah uang Rp 6 miliar ke RIW sebagai bupati terkait pemberian izin," kata Basaria di gedung KPK, Jakarta Selatan dalam laporan kumparan.com pada Kamis (28/9/2017).

Selain suap, Rita juga diduga menerima gratifikasi terkait jabatannya. Dia diketahui sudah menjabat sebagai Bupati Kutai Kartanegara selama dua periode.

"Gratifikasi berkaitan jabatan uang sebesar 775 ribu dolar AS atau Rp 6,97 miliar, terkait sejumlah proyek selama jabatan tersangka," papar Basaria.
 
Saat ini, KPK sudah menyita empat mobil milik yang ada dalam penguasaan Rita. Namun, empat mobil tersebut kepemilikannya atas nama orang lain.

Ruang kerja Rita dan beberapa kantor pemerintahan di Kukar sudah digeledah KPK. Beberapa dokumen terkait kasus juga telah disita KPK.

Dalam kasus ini sambng Basari, selain Rita, KPK juga menetapkan Dirut PT SGP Heri Gun dan Komisaris  PT Media Bangun Bersama, Khairuddin, sebagai tersangka.***

BERITA TERKAIT:
Ketua DPRD Bengkalis Bersama Bupati Tandatangani KUPA-PPAS
Bupati Pelalawan Harapkan Pengelolaan Dana Desa Tepat Sasaran
Bupati Amril Ramaikan Pesta Pernikahan Anak Anggota DPRD Bengkalis
Tiga Warga Kandis Terima Penghargaan Bupati Siak
Kepala Bakamla RI Penuhi Panggilan KPK di Puspom TNI
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.