find us on : 
bank riau

KPK Tetapkan 3 Tersangka Suap Wali Kota Tegal


Rabu, 30 Agustus 2017 | 23:19:32
(suara.com)
Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno seusai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Rabu (30/8/2017).
Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi resmi menetapkan tiga orang tersangka, pasca dilakukan pemeriksaan secata intensif selama 1×24 jam oleh penyidik. Mereka adalah Walikota Tegal Siti Mashita Soeparno, Pengusaha Amir Mirza Hutagalung, dan Wakil Direktur Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal Cahyo Supriadi.

"Setelah melakukan pemeriksaan awal lalu dilakukan gelar perkara disimpulkan terdapat dugaan tindak pidana korupsi, maka KPK meningkatkan statusnya ke tingkat penyidikan dan menetapkan tiga orang sebagai tersangka," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat konferensi pers di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan dilansir dari suara.com pada Rabu (30/8/2017).

Menurut Basaria, penetapan tiga orang sebagai tersangka karena diduga terlibat dalam kasus dugaan suap terhadap Walikota Tegal terkait pengelolaan dana jasa kesehatan di RSUD Kardinah kota Tegal dan terkait  fee dari proyek barang dan jasa di lingkungan Pemerintahan Kota Tegal Tahun 2017.

Dalam kasus yang terungkap melalui operasi tangkap tangan tersebut KPK mengamankan uang senilai Rp200 juta. Uang tersebut didapat dari rumah yang akan dijadikan posko pemenangan Siti Mashita dan Amir Mirza Hutagalung.

"Ditemukan uang 200 juta yang diisi di tas hijau. Uang tersebut diambil M dari saudari U, dari RSUD Kardinah, berjumlah 300 juta. Rp200 juta ditaruh di rumah pemenangan AMH, sementara 50 juta sudah diaimpan di rekening Mandiri AMH  dan Rp50 juta  lainnya ke rekening BCA," kata Basaria.

Namun, diduga pemberian oleh Cahyo terhadap Siti Mashita dan Amir tersebut bukan pemberian pertama. Sebab, terdapat uang Rp1,6 miliar yang sudah dikumpulkan oleh Amir dan Shita sejak Januari hingga Agustus 2017 ini. "Ada Rp1,6 miliar yang diterima sejak Januari hingga Agustus 2017," kata Basaria.

Diketahui dalam OTT tersebut, KPK mengamankan delapan orang. Lima orang lainnya tidak ditetapkan sebagai tersangka.***

BERITA TERKAIT:
Miliki 3 Paket Sabu, Pemuda Solapan Ditangkap
Delapan Unit Rumah di Desa Kota Baru Inhil Ludes Terbakar
Uang Suap Rp300 Juta Wali Kota Batu untuk Lunasi Mobil Alphard
KPK OTT Wali Kota Batu Jawa Timur
OTT, KPK Tetapkan Ketua DPRD & Dirut PDAM Tersangka
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.