find us on : 
bank riau

Soal Bendera Terbalik, Malaysia Minta Maaf


Minggu, 20 Agustus 2017 | 15:03:23
(Twitter @imam_nahrawi)
Merah putih terbalik di buku panduan pelaksanaan SEA Games
Oketimes.com, Malaysia - Pemerintah Malaysia akhirnya meminta maaf kepada masyarakat Indonesia terkait tragedi warna bendera Indonesia dicetak terbalik pada majalah souvenir spesial di pembukaan SEA Games 2017.

Permintaan maaf disampaikan melalui Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaluddin usai melakukan pertemuan  dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8/2017), siang.

"Saya baru tadi mengadakan pertemuan dengan Pak Imam (Menpora) berkenaan dengan kesalahan yang dibuat tuan rumah (Malaysia) dalam percetakan buku cenderamata yang diedarkan ke tamu kehormatan semalam.  Dimana ada kesalahan besar percetakan bendera Indonesia yang dicetak terbalik. Ini suatu keslaahan yang besar dan saya sebagai pihak tuan rumah telah memohon maaf kepada Pak Imam selaku menpora dan memohon maaf pada seluruh rakyat Indonesia," katanya dalam pernyataan tertulis pada suara.com, Minggu (20/8/2017).

"Ini tidak disengaja, tetapi sesuatu yang berlaku karena kelalalaian, tetapi kekalalaian yang besar hingga merusak image Indonesia. Untuk makluman saya telah memerintahkan supaya semua buku tak diedarkan lagi, dan satu percetakan baru dibuat untuk dibetulkan dan akan dikirim kembali ke tamu negara yang hadir di acara pembukaan," tambahnya.

Permohonan maaf resmi akan dikeluarkan dari Kerajaan Malaysia.

"Termasuk permohonan resmi saya kepada Bapak Imam secara lisan dan tertulis sebagai bentuk permohonan maaf atas yang berlaku. Atas semangat setia kawan dan serumpun, permohonan maaf dapat dipertimbangkan oleh masyarakat dan kita bisa terus membina hubungan yang baik antar kedua negara, dan tanggung jawab kita memastikan selama Sea Games kita bisa mempererat silaturahmi dan persahabatan Malaysia dan Indonesia," kata dia.

Di buku panduan pelaksanaan SEA Games 2017, bendera Indonesia yang dicetak terbalik ada di bagian daftar negara peserta yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Di bagian itu tertulis Indonesia menjadi tuan rumah pada 1979, 1987, 1997, dan 2011.***

BERITA TERKAIT:
Soal RAPBD-P 2017, Bupati Siak Berikan Jawaban Pandangan Umum Fraksi Dewan
Bupati Pelalawan Minta BUMD Tingkatkan Kemampuan Daya Saing
Gagal Melaju ke Final AFF U-18, Manajer Timnas U-19 Minta Maaf
Istana Tolak Keinginan Jaksa Agung Soal Fungsi Penuntutan KPK
Lantik Pengawas dan Penilik, Kadisdik Minta Kerjasama
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.