find us on : 
bank riau
  • Home
  • Lingkungan
  • Kritik Kinerja Kapolda, Ini Jawaban Irjen Pol Zulkarnean

Kritik Kinerja Kapolda, Ini Jawaban Irjen Pol Zulkarnean


Rabu, 30 Agustus 2017 | 23:59:21
ist
Kapolda Riau, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara saat menjadi pembicara di acara Dialog Kebijakan Nasional Penguatan Regulasi dan Pembelajaran Lapang untuk Mengurangi Kebakaran dan Kabut Asap di salah satu hotel di Pekanbaru, Rabu (30/08/17).
Oketimes.com - Pekanbaru : Menanggapi tudingan miring yang dialamatkan aktifis pemerhati lingkungan kepada Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Zulkarnain, menjawab ringan menjawab issu crusial tersebut.

Pernyataan ini sesuai adanya statemen Wakil Koordinator Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) ‎Made Ali yang mengoreksi kinerjanya selama 11 bulan di Riau, tak ditanggapinya dengan emosional.

‎Jawaban tersebut disampaika Kapolda Riau saat menjadi pembicara di acara Dialog Kebijakan Nasional Penguatan Regulasi dan Pembelajaran Lapang untuk Mengurangi Kebakaran dan Kabut Asap di salah satu hotel di Pekanbaru, Rabu (30/08/17) pagi. Ia merespon langsung pernyataan Made Ali yang dimuat beberapa media.

Selain keduanya, juga dihadiri Dra Yulwiriawati Maesa, MSi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Riau, Mansyur HS dari DPRD Riau, Iman Santoso dari Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI), sebagai pembicara.

"Made Ali ini lebih pantas menyelesaikan masalah gambut. Beliau ini hebat. Sama beliau saja semua sebenarnya sudah beres. Saya ini kan kata beliau, gak pantas jadi Kapolda," sindir Zulkarnain dengan nada halus saat berbicara persis disamping Made.‎

Tak hanya itu, Ia juga menanggapi kritikan Made terkait bantuan hibah alat alat Pemadam Kebakaran (Damkar) dari dua perusahaan raksasa HTI kepada Polda Riau.

"Saya ini bukan pro perusahaan. Demi Allah! Ngapain saya pro korporasi. Mereka ini membantu alat Damkar karena peduli sama masyarakat. Tapi kalau memang tersangka, mereka tetap tersangka. Nggak ada pengaruhnya kalau dikasih bantuan," curhat pria akrab disapa Bang Zul ini.‎

‎Seperti diketahui, Selasa (29/08/17) kemarin, melalui rilis berjudul 'Catatan Hitam-Putih Kapolda Riau Irjen Zulkarnain', Jikalahari mengoreksi kinerja Zulkarnain selama 11 bulan di Riau.

Dalam rilisnya, Jikalahari menyebutkan ada 3 (tiga) catatan putih Zulkarnain.

Yakni, Bang Zul dinilai memiliki profil yang transparan dan terbuka, memproses 4 dari 33 perusahaan yang dilaporkan melanggar aturan dan berani mengimbau seluruh Pabrik Kelapa Sawit (PKS) tidak menerima hasil perkebunan atau Tandan Buah Segar (TBS) dari kawasan hutan.

Namun, Jikalahari juga membuat catatan Hitam Zulkarnain. Jumlahnya sebanyak 7 (tujuh) catatan.

Antara lain, Ia dinilai tak berani melanjutkan penyidikan 15 korporasi pembakar hutan dan lahan tahun 2015, belum menetapkan 80 korporasi sebagai tersangka, belum melimpahkan berkas tersangka PT Sawit Sontang Perkasa (PT SSP) yang terbakar pada 2016 ke kejaksaan.

Kemudian, belum menetapkan PT Andika Permata Sawit Lestari (PT APSL) sebagai tersangka tindak pidana perkebunan dan kehutanan serta menyandera dan menghalang-halangi aparat PPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, belum menangkap cukong besar dan aparat penegak hukum yang membekingi illog di Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil.

Bahkan, Zulkarnain juga dinilai kerap bersama korporasi pembakar hutan dan lahan yang dilaporkan oleh organisasi Eyes on the Forest dan Koalisi Rakyat Riau lantaran menerima hibah 37 mesin pompa air dan 5 Mesin Penyemprot air dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (April Grup) dan PT Sinarmas Grup (APP Grup).

Dan beberapa beberapa acara lainnya yang diikuti perusahaan-perusahaan.

Pernyataan Jikalahari ini, disampaikan jelang pelepasan Zulkarnain dari Kapolda Riau menjadi Kapolda Sumetera Selatan.***

BERITA TERKAIT:
Polsek Bangko Bekuk Dua Pelaku Curat dan Pemerkosaan IRT
Perkuat Koordinasi dan Sinergitas, Bupati Amril Silaturahim dengan Kapolda Riau
Miliki 3 Paket Sabu, Pemuda Solapan Ditangkap
Aniaya Istri Depan Anak dan Adik Ipar, Anto Dibekuk Polsek Kubu Rohil
Sehari, Polsek Tapung Amankan Dua Pelaku Penyalagunaan Narkoba Jenis Sabu
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.