find us on : 
bank riau
  • Home
  • Lingkungan
  • Pantau Karhutla, Mabes Polri Serahkan Motor Trail ke Polda Riau
Didukung PT Sinar Mas Group

Pantau Karhutla, Mabes Polri Serahkan Motor Trail ke Polda Riau


Kamis, 10 Agustus 2017 | 21:12:13
ist
Kabarhakam Mabes Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno pada awak media saat berkunjung ke wilayah Rimbo Panjang Kabupaten Kampar, Riau, Kamis (10/8/2017).
Kampar, oketimes.com - Kepolisian Daerah (Polda) Riau akan mendapat bantuan dari Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri, terkait penanganan upaya cepat pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Riau.

Bantuan yang diberikan itu, berupa sepeda motor trail dalam jumlah besar yang digunakan untuk penanganan kebakaran di wilayah pelosok-pelosok hutan yang susah dilalui kendaraan roda empat.

"Bantuan ini berupa sepeda motor roda dua jenis trail sekaligus dwi fungsi. Motor ini akan dimodifikasi lagi tentunya, agar dapat menyemprotkan air kelahan yang terbakar dan sulit dijangkau kendaraan roda empat," kata Kabarhakam Mabes Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno pada awak media saat berkunjung ke wilayah Rimbo Panjang Kabupaten Kampar, Riau, Kamis (10/8/2017).

Dari hasil penelitian beberapa kasus yang terdapat di lapangan, tentunya dengan kondisi medan yang sulit dijangkau. Sepeda motor ini ternyata dapat meringankan upaya pemadaman kebakaran dengan mengandalkan mesinnya.

"Penelitian sepeda motor ini, merupakan inovasi terbaik dalam upaya penanganan pemadaman kebakaran. Jika alat yang dibutuhkan tidak memenuhi kemampuan, maka dengan motor yang dimodifikasi ini dapat dengan cepat pengganti mesin pompa air," ulas Putut.

Lebih lanjut, dia segera kordinasi lebih cepat lagi ke Mabes Polri untuk memberikan bantuan ke daerah yang rawan Karhutla. Selain itu, juga bukan bantuan alat yang dibantuan, namun pemikiran juga akan disalurkan.

"Secepatnya akan kita berikan bantuan sepeda motor trail ini ke sini (Riau). Tentunya juga untuk wilayah khusus rawan Karlahut," ucap Putut.

Selain Mabes Polri yang memberikan bantuan alat penanganan Karhutla, PT. Sinar Mas juga memberikan bantuan kepada Polda Riau berupa mesin Dompreng sebanyak 12 unit. Pemberian bantuan ini bukan tanpa alasan, tentunya digunakan personel kepolisian untuk pemadaman api.

Pemberian ini diterima dari pihak PT. Sinar Mas kepada Kapolda Riau, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara ?sebagai bentuk kemitraan yang solid dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan PT. Sinas Mas kepada kepolisian sebagai bentuk kerjasama dan kemitraan yang solid. Alat ini nantiknya akan digunakan sebaik mungkin dan diberikan pada lokasi yang rawan kebakaran," ujar Kapolda. (ars)

BERITA TERKAIT:
BRK Serahkan CSR Satu Unit Mobil Pick-up untuk Kabupaten Bengkalis
Lewat Semangat Riau Bersatu, HM Harris Sampaikan Visi Misi di Hanura
Kemenkumham Riau Musnahkan 662 Ponsel Napi
Semarak HUT RI Ke-72, Bupati Apresiasi Pawai Karnaval Siak 2017
Soal Judi Gelper di Pekanbaru, Yose: Jika Kapolda tak Sanggup, Pulang Kampung Saja!
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.