find us on : 
bank riau

H+3, Hujan Deras Padamkan Titik Panas di Sumatera


Jumat, 30 Juni 2017 | 14:34:05
int
Ilustarsi
Pekanbaru, Oketimes.com - Memasuki H+3 pasca lebaran, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi, hujan turun merata di lima provinsi yang mampu memadamkan belasan titik panas di Pulau Sumatera.

"Akibat hujan, titik panas sempat terdeteksi satelit dua hari berturut-turut hilang. Untuk sementara Sumatera, aman," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru seperti laporan antaranews.com pada Jumat (30/06/17).

Akibat hujan tersebut sambung Slamet, dalam dua hari terakhir yakni Rabu (28/6/2017), dan Kamis (29/6/2017), satelit mendeteksi 19 titik panas sempat muncul, dan bertahan pada lima provinsi di Sumatera.

Ke-19 titik panas itu, mayoritas terkosentrasi di Riau (10 titik), Sumatera Utara empat titik, Sumatera Barat dan Bengkulu sama-sama menyumbang dua titik, dan Sumatera Selatan satu titik.

Berdasarkan analisa BMKG, potensi hujan disertai petir dan angin kencang masih terjadi disejumlah provinsi di Sumatera karena memasuki musim pancaroba menuju kemarau kering.

"Kami perkirakan, Agustus tahun ini merupakan puncak kemarau di Pulau Sumatera. Saat ini aja, ancaman karhutla (kebakaran hutan dan lahan) mulai meningkat khususnya di Riau," kata dia.

Sebab, ia berkata, hampir 50 persen dari total luas daratan di Provinsi Riau sekitar 8,9 juta Hektare merupakan hutan dan lahan bergambut yang rentan terbakar ketika disulut api.***


BERITA TERKAIT:
H+3, Polda Riau Catat Delapan Jiwa Tewas Akibat Laka
BMKG Deteksi Sembilan Titik Panas di Riau
Awal Ramadan, BMKG Pantau 7 Titik Api di Pelalawan dan Inhil
Hujan Lebat Picu Pondasi Ruko Amruk dan Timpa Rumah Warga Aur Kuning Bukittinggi
Polantas Imbau Pengguna Jalan Hindari Titik Lokasi Air saat Hujan Lebat
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.