find us on : 
bank riau
  • Home
  • Lingkungan
  • Taman Marga Satwa Bukittinggi Sambut Kehadiran Tiga Bayi Harimau Sumatera

Taman Marga Satwa Bukittinggi Sambut Kehadiran Tiga Bayi Harimau Sumatera


Rabu, 3 Mei 2017 | 19:02:05
(foto Yudi Prama)
Kondisi Dara Jingga, usai melahirkan tiga ekor anak Harimau Sumatra di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi pada Selasa (2/5/2017), sekitar pukul 06.00 WIB pagi.
Bukittinggi, oketimes.com - Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi kedatangan keluarga baru. Kelahiran tiga ekor anak Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatra), pada Selasa (2/5/2017), sekitar pukul 06.00 WIB pagi menambah koleksi satwa yang ada.

Kepala Bidang TMSBK Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Ikbal, mengatakan, menurut prediksi, kelahiran ini akan terjadi pertengahan Mei, dengan masa kehamilan sekitar 90 hinga 100 hari, namun untuk kelahiran kali ini lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

"Bertambahnya koleksi, Harimau Sumatera menandakan TMSBK sebagai lembaga konservasi, telah berhasil mengembangbiakan satwa yang tergolong langka dan habitatnya yang hampir musnah di hutan Sumatera ini," ungkapnya.

Ikbal menambahkan, keluarga baru ini belum diketahui jenis kelaminnya, namun dengan kehadiran tiga anak harimau ini menambah jumlah harimau yang ada di TMSBK menjadi 12 ekor.

"Tiga ekor anak Harimau Sumatera itu lahir dari pasangan induk jantan Bancah dan Induk betina Dara Jingga, lahir secara normal, dan hingga saat ini dalam kondisi sehat. Sementara itu untuk tumbuh dan kembangnya, disesuaikan dengan habitat aslinya di hutan, atau dengan arti kata dibiarkan menyusui dengan induknya, sambil dikontrol kesehatannya oleh dokter hewan," jelasnya.

Ikbal juga mengutarakan, sebelumnya pada 14 November 2016 lalu, juga telah lahir tiga ekor anak harimau sumatra dari induk betina Sean, dan induk jantan Bancah.

Menurut pengakuan Ikbal, 12 ekor harimau sumatra yang ada saat ini melebihi kapasitas kandang yang ada, kemungkinan kedepannya akan dilakukan kerjasama dengan kebun binatang lain di Indonesia untuk melakukan pertukaran satwa, dan dengan tujuan untuk melengkapi satwa yang belum ada di TMSBK.

"Seperti halnya kerjasama hibah satwa yang baru-baru ini dijalin dengan Kebun Binatang Bali (Bali Zoo), TMSBK Bukittinggi mendapatkan sembilan ekor satwa, yakni tiga ekor Singa Afrika, tiga ekor Wallaby atau Kangguru Tanah, serta tiga ekor Burung Bayan," terangnya.

Ikbal juga berharap, tiga ekor anak Harimau Sumatera ini dapat tumbuh dan kembang dengan baik dan sehat, serta kedepan juga diharapkan TMSBK semakin banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. (ves)

BERITA TERKAIT:
Asyik Pesta Ganja, Polsek Tapung Sergap Tiga Pelaku
Polisi Gagalkan Transaksi Narkoba di Tembilahan, Tiga Pelaku Diamankan
Diduga Tidak Sesuai Spek, LSM IPSPK3-RI Segera Lapor Empat Proyek Dinas Bina Marga Riau
Kunjungan DPRD Tapin dan Magelang Disambut Sekwan Pekanbaru
Lagi, Pasar Aur Kuning Terbakar, Toko Seprai Rugi Miliaran
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.