find us on : 
bank riau

Hujan Lebat Padamkan Titik Api di Rokan HiIir

Laporan : Wan Hendri

Kamis, 23 Februari 2017 | 23:36:32
ist
Seorang petugas Damkar saat memadamkan api kebakaran lahan di Rokan Hilir, Riau baru ini.
Bagansiapiapi, oketimes.com - Usai diguyur hujan pada Selasa malam Rokan Hilir nihil titik api. Dari laporan BMKG juga terpantau Riau secara umum tidak lagi ditemukan titik api. Demikian dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil H Azhar Achmad Ali SE MSi, Rabu (22/02/17).

"Syuklurlah kita nihil titik api, khususnya daerah yang terpantau kemarin di Tanah Putih juga sudah padam total," kata Azhar.

Namun pihaknya tetap mengingatkan agar seluruh Kecamatan waspada mengingat masih dalam musim panas dan adanya ancaman rawan Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut).

Ia menjelaskan, sebelumnya dalam sepekan terakhir terdapat beberapa titik panas seperti di Kecamatan Rimba Melintang, Kecamatan Tanah Putih dan Kecamatan Kubu. Namun hingga saat ini bisa diatasi oleh tim Karlahut Rohil yang berjibaku memadamkan api.

"Kita tak ingin titik api berlama-lama, ketika ditemukan kita akan kerahkan kekuatan penuh, bahkan pak Wabup kemarin juga turun langsung bersama tim memadamkan api di Mumugo," kata Azhar.

Mantan Asisten III Setdakab Rohil itu menambahkan, meskipun kesulitan memadamkan api namun semua berkat hujan yang turun sesekali sehingga api bisa benar-benar padam.
"Kemarin terakhir selasa masih tersisa 3 titik api, namun karena malamnya hujan sehingga sudah padam total," jelasnya.

Terkait info angin, ia menjelaskan Angin umumnya bertiup dari arah arah Barat Laut hingga Timur menuju Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 05 " 15 knots (09-27 km/jam).

"Pada umumnya Cuaca di Wilayah Riau Cerah Berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang disetai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Riau bagian Tengah, Pesisir Timur dan Selatan pada pagi dan sore hari," terangnya.

Sementara itu untuk gelombang masih rendah diantara kisaran 0,25- 0,m Meter yang akan berlaku hingga Rabu tengah malam. "Kita himbau tim tetap waspada dan pantau terus Kecamatan masing-masing jika ada segera padamkan sampai api benar-benar tak terlihat lagi," pungkasnya.***


BERITA TERKAIT:
Polda Riau Bekuk Napi Provokator Kerusuhan Rutan Sialang Bungkuk yang Kabur
Lantik 64 Pejabat Eselon II, III dan IV, Suyatno : Bekerjalah dengan baik, jangan neko-neko
Kapolda dan Gubernur Riau Sidak di Pasar Cik Puan
BMKG Deteksi Sembilan Titik Panas di Riau
Lagi, Napi Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru Kabur
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.