find us on : 
bank riau
  • Home
  • Lingkungan
  • Dihadiri Sekdaprov Riau, Bupati Siak Launching Kawasan Eco Tourism Hutan Mangrove Sungai Rawa

Dihadiri Sekdaprov Riau, Bupati Siak Launching Kawasan Eco Tourism Hutan Mangrove Sungai Rawa


Minggu, 5 Februari 2017 | 23:04:40
hms pemkab siak for oketimes.com
Bupati Siak H Syamsuar meresmikan dan sekaligus Lounching `Kawasan ECO TOURISM Hutan Mangrove Sungai Rawa` yang berlokasi di Kuala Sungai Rawa Kampung Sungai Rawa Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak Minggu (5/2/17).
Siak, oketimes.com - Bupati Siak H Syamsuar meresmikan dan sekaligus Lounching `Kawasan ECO TOURISM Hutan Mangrove Sungai Rawa` yang berlokasi di Kuala Sungai Rawa Kampung Sungai Rawa Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak Minggu (5/2/17).

Kegiatan yang digagas Yayasan Lingkar Pesisir Bertuah Kabupaten Siak yang bergerak di bidang lingkungan dan hutan bekerja sama dengan Pengda Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA) propinsi Riau dan Pengcab IKA SKMA Kabupaten Siak dan sekaligus meyambut kunjungan R Andik Jaya Prawira sebagai Duta Lingkungan Hidup Perwira Rimba, SKMA'64 Bogor yang berniat mengeliling indonesia bersama sepeda dayungnya sebagai misi pelestarian lingkungan dan hutan di Indonesia yang menjumpai seluruh alumni yang tersebar di seluruh indonesia dengan jumlah sekitar 10 ribu alumni.

Kunjungan Kang Andik di Propinsi Riau, merupakan Propinsi yg ke-28 dan Kabupaten Siak sebagai kabupaten ke-358 dengan telah melalui jarak tempuh 35.000 km.

Bupati Siak Drs H Syamsuar mengatakan bahwa hutan mangrove juga dikenal sebagai hutan bakau, karena mayoritas populasi tanaman yang hidup pada hutan mangrove adalah tanaman bakau mangrove yang memberikan banyak manfaat bagi kita semua dan lingkungan pantai.

Syamsuar juga menjelaskan saat ini kabupaten Siak telah memiliki tiga hutan mangrove lokasinya sama di Pesisir kabupaten Siak, yaitu Mangrove Mengkapan, Rawa Mekar Jaya, dan Kawasan Ekowisata Hutan mangrove Sungai Rawa yang hari ini diresmikan.

"Saya yakin Kawasan Ekosistem ini jika dikelola denhgan baik sebagai mana rencana pihak yayasan lingkar pesisir bertuah ini,insyaallah akan dapat kita kembangkan menjadi destinasi baru sebagai tujuan wisata alam di kabupaten siak," kata Syamsuar.

Menurutnya ide cemerlang ini tentunya akan bermanfaat bagi pengembangan pariwisata kabupaten Siak kedepan. Khususnya terkait segmentasi wisata dengan minat khusus, misalnya terkait penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan lainya. Selanjutnya, pemerintah kabupaten Siak melalui satuan kerja terkait akan berupaya mempromosikan keberadaan kawasan ekowisata tersebut guna keberadaannya dapat diketahui masyarakat luas.

Gubernur Riau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi dalam arahannya, mengatakan sebelumnya dijadwalkan kehadiran Gubernur Riau, walaupun Gubernur Riau berhalangan  hadir, tapi tak mengurangi manfaat kegiatan yang begitu besar terhadap lingkungan yang bernilai kesejahteraan bagi masyarakat dan lingkungan.

Ahmad Hijazi juga mengucapkan selamat kepada Bupati Syamsuar  yang telah berhikmat turut mendukung untuk mengembangkan kegiatan ini diwilayah Kabupaten Siak.apa lagi kegiatan tersebut merupakan pengembangan Objek Wiasata yang pada saat ini telah digencar Program Pemerintah terhadap Pariwisata.

"Kita memiliki keunggulan yang sangat baik serta trategis baik dari segala unsur peningkatan.ini merupakan suatu hal yang sangat bernilai,untuk itu bagi penggiat lingkungan telah membuktikan untuk membangun daerah kawasan ini.tentunya ini suatu pola paket wisata yang dikemas secara baik.ini merupakan suatu hal yang sangat baik dari segi pertumbuhan ekonomi baru, untuk itu perlu kita kembangkan lagi," kata Ahmad.

Menurut Ahmad Hijazi, kebijakan insfrastruktur meupakan prioritas pemerintah dengan 4 sektor yang dibantu, yaitu insfrastruktur, pendidikan kesehatan dan pariwisata tentunya ini bisa memberikan pemanfaatan secara optimal dan capaian nya bisa dimaknai dalam penilaian masyarakat.untuk itu objek wisata ini harus di kemas secara baik.

"Saya berharap bisa bermafaat dalam kegiatan ini dengan kerja sama yayasan Lingkar Pesisir Bertuah,Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi maupun masyarakat.tolong ini didukung sepenuh hati dan dijaga kelestariannya serta menerima dengan baik untuk pengujung lokal maupun turis dari luar negri,pungkasnya." pungkasnya.***

Laporan : Sulaiman

BERITA TERKAIT:
Bupati Bengkalis Ajak Generasi Muda Lestarikan Permainan Rakyat
BWI Siak Gelar Rapat Kordinasi dan Workshop Pengelolaan Wakaf Produktif
Bupati Pelalawan Buka Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan di Lubuk Raja
Perkuat Koordinasi dan Sinergitas, Bupati Amril Silaturahim dengan Kapolda Riau
Jual Kompor Gas Hasil Curian dari Sekolah, Residivis Curanmor Ditangkap
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.