find us on : 
bank riau
  • Home
  • Lifestyle
  • KUPT Puskesmas Kandis : Keterbatasan Bukan Alasan untuk Tidak Bekerja

KUPT Puskesmas Kandis : Keterbatasan Bukan Alasan untuk Tidak Bekerja


Rabu, 20 September 2017 | 23:41:48
Diskominfopersantik siak for oketimes.com
Aktivitas Pelayanan Kesehatan masyarakat di UPTD Puskesmas Kecamatan Kandis, Kabupaten, Siak, Riau, Rabu (13/9/17) petang.
Oketimes.com - Siak : Keterbatasan dan jarak yang cukup jauh dari pusat kabupaten, tidak membuatnya patah semangat. Sebagai lembaga kesehatan masyarakat yang dipimpinnya, Aulia Kallista bertekad untuk memberikan yang terbaik, karena puskesmas merupakan fasilitas dibarisan terdepan yang memberikan layanan kesehatan pada masyarakat umum.

"Sebagai lembaga pelayanan, sudah menjadi komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang baik secara sarana prasarana, sumber daya manusianya, serta kenyamanan petugas maupun masyarakat yang berobat," kata Aulia Kallista Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Kandis, Rabu (13/9/17) petang.

Ia melanjutkan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan untuk penilaian dari tim Akreditasi akhir September ini. Persiapan yang kami lakukan mulai dari segi bangunan, pelayanan dan administrasi, karena dalam akreditasi mencakup, administrasi, manajemen, serta upaya pelayanan kesehatan masyarakat dan upaya pelayanan kesehatan perorangan.

"Ini tidak bisa dianggap biasa, sebagai peserta penilaian kami harus mempersiapkan diri secara maksimal. Dimana tahun 2019 seluruh puskesmas wajib terakreditasi, jika tidak maka kerjasama  dengan BPJS akan terputus. Alhamdulillah, kami mendapat bantuan rehap bangunan puskesmas dari PT Ivomas atas usuluan dari Wakil Ketua DPRD Siak Hendri Pangaribuan yang telah menghubungi pihak Ivomas," ujar Aulia.

Hal ini dilakukan lanjut Aulia, karena sesuai dengan Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 yang menyebutkan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, puskesmas wajib diakreditasi secara berkala, paling sedikit tiga tahun sekali.

"Meski kami masih memakai bangunan lama (tahun 2002) dengan segala keterbatasannya, kami tetap berusaha semaksimal mungkin untuk tercapai akreditasi tersebut," jelasnya.

Dalam bekerja sehari-hari Aulia mengaku cukup senang karena dibantu staff yang bisa diajak bekerjasama dan memiliki visi misi yang sama untuk menjadikan Puskesmas Kandis sebagai tempat pelayanan kesehatan yang bermutu.

Nadya salah seorang warga kelurahan Simpang Belutu, Kandis berharap di puskesmas tersebut ada petugas yang mengarahkan dimana tempat pendaftaran, ruang IGD, dan ruang praktek dokter serta ada dokter spesialis anak.

Selain itu, ia mengaku pelayanan yang diberikan cukup bagus, petugas puskesmasnya ramah dan cepat tanggap, kemudian obat-obatnya pun lengkap.

Sementara itu, Camat Kandis Irwan Kurniawan saat di hubungi mengatakan, sebagai pimpinan di kecamatan dirinya mendukung dan memotivasi pihak puskesmas sehubungan dengan penilaian akreditasi. Ia berharap, semoga dengan adanya akreditasi itu akan membuat kelas Puskesmas sendiri menjadi naik pamor. (*/red)

BERITA TERKAIT:
Anggaran Polri Besar, Menkeu Harap Polisi Tidak Cari Pendapatan Lain di Jalanan
Pekerja Sutet Tewas, Disinyalir Tidak Terdaftar BPJS Naker
Tiga Warga Kandis Terima Penghargaan Bupati Siak
Mau Jual Senpi Rakitan, Pemuda Kandis Ditangkap
Polisi Ringkus Dua Pencuri Mobil Pick-up di Jalan Lintas Kandis Duri
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.