find us on : 
bank riau
  • Home
  • Lifestyle
  • Kasmarni Amril: Pastikan Cuci Tangan Pakai Sabun Jadi Kebiasaan dan Gaya Hidup Masyarakat

Kasmarni Amril: Pastikan Cuci Tangan Pakai Sabun Jadi Kebiasaan dan Gaya Hidup Masyarakat


Selasa, 18 Oktober 2016 | 18:49:59
hms pemkab bengkalis for oketimes.com
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril saat mencanangkan HCTPS tingkat kabupaten Bengkalis yang pelaksanaanya dipusatkan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Damon, kecamatan Bengkalis, Selasa (18/10/2016).
Bengkalis, Oketimes.com - Sempena Hari Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia ke-IX yang diperingat setiap 15 Oktober diharapkan sebagai momentum untuk menjadikan cuci tangan sebagai sebuah kebiasaan dan menjadi gaya hidup masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril saat mencanangkan HCTPS tingkat kabupaten Bengkalis yang pelaksanaanya dipusatkan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Damon, kecamatan Bengkalis, Selasa (18/10/2016).

Menurut Kasmarni, TP. PKK senantiasa berkomitmen menggerakkan partisipasi masyarakat untuk merubah perilaku yang dimulai sejak dini antara lain perilaku mencuci tangan pakai sabun untuk meningkatkan kesadaran hidup sehat pada masyarakat di wilayah berjuluk Negeri Junjungan.

"Setelah mampu meningkatkan kepeduliaan anak-anak sekolah akan pentingnya cuci tangan pakai sabun, diharapkan perilaku ini dapat menyebar pada keluarga dan menjadi perilaku yang membudaya yang terus melekat pada masyarakat" terangnya.

Peringatan HCTPS ditandai dengan dengan peragaan cuci tangan pakai sabun, dan praktek tata cara mencuci tangan di air yang mengalir oleh Kasmarni didampingi tamu undangan lainnya. Dilanjutkan dengan cuci tangan oleh anak-anak SDN 4 Damon.

Pantauan dilapangan, seluruh siswa terlihat bersemangat saat memperagakan cuci tangan, di kran air yang telah disiapkan di halaman sekolah diiringi nyanyian cuci tangan.

Dalam kegiatan tersebut, petugas dari TP. PKK  menjelaskan dan mempraktekkan 7 langkah cuci tangan pakai sabun yang sehat. Adapun langkahnya yakni basahi tangan, pakai sabun, tangan digosok dari depan lalu kebelakang, lalu diusap-usap sela sela tangan, kemudian kuku jari, jempol, pergelangan tangan basuh dengan air bersih dan terakhir tangan dilap dengan lap bersih.

Mendampingi Kasmarni, tampak hadir Wakil Ketua TP. PKK Bengkalis Lindawati Muhammad, Kepala Sekolah SDN 4 Damon Musalmina, Kepala Dinas Kesehatan H Moh Sukri, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Mustafa, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa H Ismail, puluhan pengurus TP. PKK dan tamu undangan lainnya. (eb/ptr)


BERITA TERKAIT:
Wakil Bupati Siak Jadi Narsum Wokrshop Lintas Negara
Polisi Bekuk Modus Pencurian Motor Lewat Facebook
Gubri Batal Hadir, Musrenbang Rohil Perioritaskan Kepentingan Masyarakat
Rohul Jadi Tuan Rumah Baksos TNI KB Kes Tingkat Nasional 2017
Panglima TNI : Jadikan Hukum sebagai Panglima Prajurit TNI
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.