find us on : 
bank riau
  • Home
  • Kesehatan
  • Benarkah Makan Daging Kambing Bikin Kolesterol Naik? Ternyata Tidak, Ini Penjelasannya

Benarkah Makan Daging Kambing Bikin Kolesterol Naik? Ternyata Tidak, Ini Penjelasannya


Kamis, 31 Agustus 2017 | 16:35:17
int
Ilustrasi, Pedagang daging Kambing di pasar tradisional.
Oketimes.com - Setiap perayaan Idul Adha, sajian berbahan daging kambing tak pernah terlewatkan untuk disantap. Namun, ada pula kekhawatiran sebagian orang yang menganggap mengkonsumsi daging kambing bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh yang meningkatkan risiko penyakit jantung, hingga stroke.

Namun, dr Royman C. P Simanjuntak SpBTKV dari Siloam Hospital Kebon Jeruk, mengungkapkan anggapan tersebut hanyalah mitos. Dia memastikan, tidak ada hubungan antara konsumsi daging kambing dengan penyakit jantung.

"Itu nggak ada hubungannya. Tapi kalau kita bicara dalam porsi normal ya. Dalam artian nggak setiap hari makan daging kambing. Apalagi Idul Adha ini kan hanya setahun sekali," ungkap dr Royman pada temu media di Siloam Hospital Kebon Jeruk seperti laporan suara.com pada Kamis (31/08/2017).

Lebih lanjut, dia memaparkan, tingginya kolesterol dalam tubuh seseorang disebabkan banyak faktor, bukan hanya karena konsumsi daging kambing saja.

Dokter Royman menyebutkan, pada mereka yang memiliki bakat kolesterol atau dalam istilah medis disebut hiperkolesterolemia, konsumsi makanan mengandung kolesterol dalam batas normal saja dapat menyebabkan peningkatan kolesterol jahat.

"Orang yang tergolong hiperkolesterolemia, nggak makan apapun saja mungkin kolesterol dia tinggi, apalagi makan daging kambing. Jadi kalau daging kambing menyebabkan kenaikan kolesterol jahat dan bahaya bagi pasien jantung itu hanya mitos," tandasnya.***

BERITA TERKAIT:
KUPT Puskesmas Kandis : Keterbatasan Bukan Alasan untuk Tidak Bekerja
Presiden Jokowi Ingin Film G30S PKI yang Kekinian
Waspada, Jangan Konsumsi Pil Ini, Jika Tidak Ingin Seperti Zombie
JPU Sebut Saksi Tidak Hadir, Sidang Pemalsuan AJB di PN Rengat ditunda
Ekspedisi NKRI Tanamkan Nilai-nilai Pancasila Sejak Dini
Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.